General Motors Bangun Pabrik Mobil Listrik Berskala Besar Di Kanada

General Motors Bangun Pabrik Mobil Listrik Berskala Besar di Kanada

KabarOto.com – Era kendaraan ramah lingkungan membuat pabrikan mobil terus menambah model dan kapasitas produksi mobil listriknya.

Baru-baru ini General Motors Co. berinvetasi hingga US$800 juta untuk memproduksi mobil listrik BrightDrop EV600 di pabrik Cami, yang berlokasi di Ontario, Kanada.

Nilai investasi yang tinggi tersebut akan membuat pabrik Cami menjadi pabrik dengan kapasitas produksi mobil listrik berskala besar. Selain itu, langkah ini sekaligus untuk mencapai tujuan GM untuk meluncurkan EV600 pada akhir tahun 2021.

Baca Juga : Renault 5 Lahir Kembali Sebagai Mobil Listrik

Ilustrasi pabrik GM di Ontario, Kanada

Pabrikan asal Amerika Serikat ini sudah mengumumkan perusahaan yang akan menjadi miliknya, BrightDrop yang direncanakan sebagai penyuplai kendaraan berbasis baterai dan menawarkan layanan manajemen armada.

Menurut Perdana Menteri Doug Ford dan Menteri Pembangunan Ekonomi, Vic Fedele mengatakan, “Rencana investasi ini akan menjadi proyek pertama kanada dengan pabrik mobil listrik dengan kapasitas produksi skala besar pertama.”

Baca Juga : Moto Guzzi V9, Kini Serba Baru!

BrightDrop EV600

Sebagai informasi tambahan, General Motors sendiri memiliki sejarah panjang di Ontario berupa rekor produksi hingga lebih dari 20 juta unit kendaraan yang diproduksi di pabrik Oshawa sejak tahun 1918.

Selain GM, proses produksi mobil listrik pabrikan lain di Kanada juga melibatkan Ford Motor Co. yang sepakat mencapai kesepakatan tentative dengan Unifor pada paruh kedua tahun lalu. Dan, akan memproduksi 5 model mobil listrik pada awal 2025 di pabrik Oakville, Ontario.

Selain itu, Fiat Chrysler Automobiles NV juga setuju untuk berinvestasi sekitar 1,35 miliar dolar Kanada hingga 1,5 miliar dolar Kanada untuk membangun mobil listrik di Windsor, Ontario.