POPULAR STORIES

Audi Q8 TFSI E Quattro, Varian Hybrid Bertenaga 462 Dk

Audi Q8 TFSI E Quattro, Varian Hybrid Bertenaga 462 dk Sumber Foto : Audi

KabarOto.com – Setelah meluncurkan Audi SQ8 sebagai varian terkencang di keluarga Q8. Kini SUV coupe ini mendapatkan pilihan terbaru yaitu Audi Q8 TFSi E Quattro, merupakan plug-in hybrid.

Varian terbaru ini pastinya langsung melawan Range Rover Sport PHEV dan Porsche Cayenne S E-Hybrid. Adapun Q8 Hybrid rencananya akan hadir dalam dua trim yaitu Q8 55 TFSI E Quattro dan Q8 60 TFSI E Quattro.

Baca Juga : Audi SQ7 Dan SQ8 Lebih Bertenaga Berkat Mesin V8 Anyar

Dari segi tongkrongan, Audi Q8 Plug-in Hybrid (PHEV) ini menggunakan lampu depan LED Matrix. Body kit S-Line disanding pelek besar 21 inci lalu penggunaan kaliper rem merah.

Lalu interiornya, menggunakan jok model sporty, pedal gas berbahan stainless steel dan head unit 10,1 inci, yang tersambung dengan sistem audio lansiran Bang & Olufsen. Tidak sampai di situ, panel instrumen 12,3 inci sudah menggunakan Virtual Cockpit. Untuk varian 60 TFSI mendapatkan fitur tambahan seperti Adaptive Cruise Control, head-up display, dan adaptive air suspension.

Bicara soal performa, kedua trim menggunakan mesin berkapasitas 3.000 cc, V6 disokong turbocharged. Menghasilkan tenaga 340 dk dan 450 Nm, mesin ini sudah memenuhi standar emisi Euro 6.

Di atas hanya tenaga mesin saja ya Sob, jika ditambah motor listrik untuk varian Q8 55 TFSI performa mencapai 381 dk dan torsi 600 Nm. Dari hasil tes varian ini dapat berakselerasi 0-100 kpj tuntas dalam 5,8 detik.

Sementara untuk varian Q8 60 TFSI memiliki output tenaga hingga 462 dk dan torsi 700 Nm, dari hasil tes varian ini dapat berakselerasi 0-100 kpj tuntas dalam 5,4 detik saja.

Motor listrik bernama Permanently excited Synchronous Machine (PSM) ini ditenagai oleh baterai lithium-ion berkapasitas 17.8 kWh, baterai ini juga lebih enteng 40 kg dari Q7 TFSI E Quattro. Untuk semua varian, tenaga tersebut disalurkan ke semua roda melalui sistem Quattro melalui transmisi 8 percepatan Tiptronic.

Baca Juga : Mengenal Manfaat Berkendara Dengan Teknik Eco Driving

Baterai ini jika di isi ulang menggunakan domestic wallbox charger 7,4 kW, diklaim dapat mengisi sampai penuh hanya dalam 2,5 jam saja. Sama seperti mobil Hybrid pada umumnya, baterainya juga bisa di isi ulang saat berjalan melalui tiga drive mode yaitu Auto, Hold dan Charge. Untuk mode Auto, sistem akan otomatis mengatur pengisian baterai dan membantu akselerasi mesin.

Bicara soal harga, Audi Q8 TFSI E Quattro mulai dari £ 73.860 atau setara Rp 1,421 miliar hingga £ 85.760 atau setara Rp 1,650 miliar.