Mengenal Manfaat Berkendara Dengan Teknik Eco Driving

Mengenal Manfaat Berkendara dengan Teknik Eco Driving

KabarOto.com - Sembari mengisi kegiatan di tengah pandemi, Daihatsu dan GT Radial kembali menyelenggarakan acara sharing tips di media sosial instagram. Bertajuk Ngobrol Asik, acaranya sudah digelar pada Sabtu (17/10) lalu. Serunya, kali ini mereka mengangkat tema terkait tips Eco Driving.

Sobat KabarOto nampaknya sudah terbiasa mendengar tentang safety driving. Nah kalau teknik Eco Driving ini adalah kombinasi dari penggunaan teknik safety driving dan defensive driving.

Baca Juga: Lelah Ketika Berkendara? Mungkin Terserang Auto Behavior System, Ini Tipsnya

Agar penjelasan semakin detail, Daihatsu mengundang Sony Susmana selaku Senior Instructor dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) sebagai pembicara di Ngobrol Asik kali ini.

Menurut penjelasannya, Eco Driving merupakan kepanjangan dari Economical Driving, yaitu teknik berkendara yang bisa mengoptimalkan efiensi bahan bakar.

Kalau melihat fitur yang ada di mobil saat ini, Sobat KabarOto juga pasti tidak asing dengan mode berkendara Eco yang sudah tersedia di beberapa model kendaraan tak terkecuali Daihatsu.

Berbicara soal manfaat dari penggunaan teknik ini, tak hanya hemat bahan bakar loh. Teknik Eco Driving juga bisa mengurangi tingkat polusi, sehingga lebih ramah lingkungan. Selain itu, teknik ini juga akan meminimalisir potensi risiko kecelakaan karena menggunakan dua teknik berkendara secara aman, serta membuat komponen mobil lebih awet.

Baca Juga: Tips Berkendara Aman Saat Berbaur Dengan Para Pesepeda

Nah, apabila seluruh manfaat tersebut bisa dilakukan dengan penggunaan teknik Eco Driving yang tepat, hasilnya Sobat KabarOto bisa menghemat ongkos pengeluaran saat berkendara sehari-hari.

"Melalui sharing tips Eco Driving ini, pengendara bisa berkendara secara aman, nyaman dan lebih hemat," ujar Elvina Afny, Customer Satisfaction & Value Chain Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).