POPULAR STORIES

Audi RS 3 LMS Bisa Ditebus Rp2 Miliar, Simak Keunggulannya

Audi RS 3 LMS Bisa Ditebus Rp2 Miliar, Simak Keunggulannya

KabarOto.com - Generasi kedua Audi RS 3 LMS dikabarkan sudah bisa dipinang oleh konsumen yang ingin mengikuti musim balap tahun depan. Setelah pembuktian kemenangan Comtoyou Team Audi Sport dan juga oleh privateer junir driver Gilles Magnus di WTCR - FIA World Touring Car Cup bulan Agustus.

Antusias generasi pertama Audi RS 3 LMS yang diperkenalkan sejak tahun 2016 hingga 2021 mamapu terpesan 180 unit. Konsumen melakukan balapan di Amerika Selatan dan UTara, Eropa, Asia, dan Australia.

Baca juga: Audi Skysphere Concept, Hadirkan Nyawa Mobil Sport Klasik Horch 853



"Mobil ini paling ditunggu oleh banyak konsumen," ujar Chris Reinke, Head of Audi Sport customer racing. Dirinya menambahkan lebih dari 300 kemenangan sepanjang generasi pertama meramaikan balapan internasional dan nasional.

Saat ini Audi RS 3 LMS menjadi salah satu entry-level paling popular di kelas touring. Adanya regulasi baru TCR membuat balapan lebih irit biaya, menjadikan penerapan 30 lisensi dan manufakturnya ada 14 terhomologasi di kategori.



Biaya awal menebus mobil balap dari Audi Sport ini 137.500 euro atau setara Rp 2,3 miliar. Namun diyakini sudah lengkap dengan perangkat standar keselamatan tertinggi seperti Protection Seat dengan enam titik. Begitu pula mesin performa kuat yang memiliki daya tahan dan tak repot untuk perawatan berkala atau pengecekan.

Bila ingin ikut balap ketahanan, Audi Sport sudah menyiapkan jalur kabel untuk lampu penerangan, racing anti-lock braking system, dan perangkat untuk pengisian ulang bahan bakar.



Kaca depan terbuat dari polycarbonate serta ada jaring keselamatan berada di tiap sisi pengendara. Sedianya kuartal keempat Audi RS 3 LMS generasi kedua ini mulai melakukan pengiriman.

Oh iya, mobil sudah terhomologasi sejak bulan Juli 2021 dan dipastikan diperkenankan untuk ikutan balapan global.



Memiliki dimensi sepanjang 4.650 mm, lebar 1.950 mm dan tinggi 1.250 mm. Jarak sumburoda 2.665 mm, bobot terbilang ringan 1.115 kg dan tangki bahan bakar 110 liter. Nah, bodinya dibuat ringan berkat perpaduan serat karbon, lembaran baja dan aluminium.



Baca juga: Audi SQ5 TDI ABT Sportline, Tampilan Lebih Gahar

Perihal spesifikasinya, Audi RS 3 LMS melesat gunakan penggerak roda depan. Disajikan mesin bensin empat silinder terbaru EA888, DOHC, disokong turbocharger dan intercooler. Gunakan ECU by WSC klaim tenaga 340 dk pada 6.250 rpm dan torsi 420 Nm pada 2.500 rpm. Melesat sigap berkat transmisi sequential 6 percepatan didukung multi-plate limited slip differential.



Sistem pengereman andalkan cakram baja 378 mm setebal 34 mm untuk depan dan 272 mm setebal 12 mm untuk belakang. Pelek cetak berbahan aluminium berukuran 18 inci offset 26 dengan ban 27/65-18, sedangkan belakang 260/660 R18.