POPULAR STORIES

Audi RS7 Sportback, Patut Dipinang Pecinta Performa Tinggi

Audi RS7 Sportback, Patut Dipinang Pecinta Performa Tinggi sumber foto : Audi

KabarOto.com – Setelah pihak Audi meluncurkan RS6 Avant beberapa waktu lalu, ada lagi nih gempuran dari pabrikan dari Jerman yaitu Audi RS7 Sportback. Mobil ini memulai debutnya di Frankfurt Motor Show 2019.

Audi RS7 Sportback menggunakan mesin mild hybrid 4.000 cc, V8 yang menghasilkan tenaga hingga 600 dk dan torsi 800 Nm. Sistem mild hybrid-nya sama dengan RS6 Avant, dengan sistem kelistrikan 48-volt. Dari tenaga besar tadi Audi klaim mobil ini dapat lari dari 0-100 kpj tuntas dalam 3,6 detik saja, dan top speed demi keselamatan dibatasi 250 kpj.

Baca juga: Bawa Dua Produk Andalan, Peugeot turut Ramaikan Astra Auto Fest 2019

Seperti RS6 Avant, Audi memberikan paket untuk RS7 Sportback yaitu Dynamic dan Dynamic Plus Package, dengan paket ini top speed mobil bisa tembus hingga 280 kpj dan 305 kpj. Dalam keadaan standar mobil ini sudah memiliki adaptive air suspension. Dalam setting standar suspensinya jarak ke tanah mobil ini 20 milimeter lebih rendah dibanding Audi A7 lawas.

Berkat mild hybrid system (MHEV) dengan kelistrikan 48-volt, terdapat alternator starter yang menghasilkan 12 kW yang di salurkan ke lithium-ion battery sebagai sumber listrik, mesin juga bisa di ajak irit, loh. Dengan sistem cylinder on demand (COD), mesin ini dapat mematikan 2, 3, 5 silindernya di kecepatan medium dan intake dan katup pembuangan sedikit di tutup. Namun, saat Sobat menginjak pedal gas lebih dalam sistem V8-nya akan bekerja normal kembali.

Bicara soal exterior mobil ini terlihat sangat sporty dan gahar, pada bagian bumper depan dengan ‘singleframe’ baru dan gril RS berwarna hitam gloss dengan bentuk 3D honeycomb. Pada bagian ujung bumper ‘horizontal blade’, dengan tujuan untuk aerodinamis yang lebih baik.

Kesan agresif lebih kental dengan warna hitam pada bagian bawah mobil menambah kesan agresif, ‘horizontal blade’ ini terdapat pada bagian depan dan belakang mobil ini. Spoiler belakang lebih unik di kelasnya dapat naik saat kecepatan menyentuh 100 kpj. RS exhaust system yang besar berwarna krom hitam terpasang di setiap sisi bumper serta diffuser.

Sistem suspensi udara terbaru ketika RS7 Sportback dibawa melaju 120 kpj, dapat turun 10 milimeter untuk mengurangi hambatan angin. Audi RS7 memiliki fitur ‘lift mode’ yang dapat menaikan ground clearance hingga 20 milimeter, fitur ini bertujuan untuk menghindari gesekan aspal dan memudahkan saat parkir jika ada perbedaan tinggi.

Opsional RS Sport suspension dan Dynamic Ride Control, RS7 Sportback menjadi lebih lincah. posisi mobil bisa lebih rendah 4 mm berbanding gunakan RS sport air suspension. Bicara soal pelek mobil ini menggunakan 21 inci alumunium bermotif 10-spoke dibalut ban profil 275/35 R21. Selain itu ada opsi pelek 22 inci model RS dengan ban 285/30 R21 dan pengaplikasian rem RS carbon-ceramic yang dapat mengurangi berat mobil hingga 34 kg.

Baca juga: Ini Harga Resmi Renault Triber, Mampukah Saingi Daihatsu Sigra?

RS7 Sportback sudah mengadopsi Audi MMI dual touchscreen dan virtual cockpit. Logo RS dan kulit Nappa berkualitas tinggi menghiasi kabin. Setir model flat-bottomed, jok depan berwarna hitam RS sport bucket yang dilapisi oleh kulit Nappa. Selain Nappa, calon pembeli bisa memilih kulit dari Valcona dengan motif honeycomb dan embos tulisan RS.

Rencananya Audi RS7 akan memiliki 13 pilihan warna, termasuk dua warna RS yaitu Nando gray dan Sebring black. Untuk pasar Amerika Serikat mobil ini akan di jual awal 2020. Bicara soal harga pihak Audi masih bungkam, Sob.