POPULAR STORIES

Aurus Senat L700, Mobil Kepresidenan Vladimir Putin Yang Dipamerkan Ke Kim Jong Un

Aurus Senat L700, Mobil Kepresidenan Vladimir Putin yang Dipamerkan ke Kim Jong Un Desain Aurus Senat mengingatkan kita pada mobil Rolls Royce. Namun, gril depan sebenarnya terinspirasi dari ZIS 110 (Aurus)

KabarOto.com - Mata dunia tengah tertuju pada lawatan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un ke Rusia untuk bertemu dengan Vladimir Putin. Bukan naik pesawat, Kim Jong Un bertolak ke Rusia lewat jalur darat, yakni menggunakan kereta api dan menempuh lebih dari 20 jam perjalanan.

Setibanya di Rusia, ada hal menarik nih sob. Ya, Kim Jong Un dipamerkan limosin kepresidenan milik Vladimir Putin yakni Aurus Senat L700. Desain Aurus Senat mengingatkan kita pada mobil Rolls-Royce. Namun, gril depan sebenarnya terinspirasi dari ZIS 110, mobil mewah pertama yang diproduksi di Uni Soviet.

Baca Juga: Aurus Senat, Kendaraan Pilihan Vladimir Putin Yang Baru Saja Diserang Bom

Dikutip dari laman resminya, struktur bodi Aurus Senat L700 diperkuat dengan lapisan baja buatan ZIL-41052 untuk menjamin tingkat tertinggi perlindungan bagi penumpang. Lapisan baja serupa dulu digunakan pada kendaraan yang mengangkut para pemimpin Soviet ketika perang dingin.

Ada juga kamera night-vision yang mampu memantau pergerakan di malam hari, kaca anti peluru dengan ketebalan 6 cm dan ban dengan bahan baku campuran kevlar agar lebih kuat.

Bahkan, mobil yang menggantikan peran Mercedes-Benz S 600 Guard Pullman itu diklaim bisa menangkal ledakan hingga serangan gas kimia serta memungkinkan mengapung di air jika dalam keadaan darurat. Kemampuan mengapung tersebut mengambil inspirasi dari kapal selam.

Aurus Senat L700 mempunyai panjang 5.632 mm, lebar 2.020 mm, tinggi 1.689 mm, jarak sumbu roda 3.300 mm, ground clearance 200 mm dan berat kotor maksimum 3.490 kg.

Baca Juga: Generasi Terbaru Ducati Scrambler Dibanderol Rp 377 Juta

Dapur pacunya menggunakan mesin V8 twin-turbo hybrid, 4.400 cc yang bisa menghasilkan tenaga 598 dk dan torsi 880 Nm di 2.200 hingga 4.750 rpm. Mesinnya dikawinkan dengan girbok otomatis 9 percepatan. Akselerasi 0 hingga 100 kpj tuntas dalam 6 detik dan kecepatan maksimalnya 250 kpj.