Aurus Senat L700, Mobil Vladimir Putin Yang Tahan Peluru Dan Bisa Mengapung Di Air

Aurus Senat L700, Mobil Vladimir Putin yang Tahan Peluru dan Bisa Mengapung di Air Aurus Senat L700 beratnya mencapai 6 ton (Foto: istimewa)

KabarOto.com - Presiden Rusia Vladimir Putin tengah menjadi sorotan dunia. Ia menginstruksikan militernya untuk melakukan invasi ke Ukraina. meski dikecam berbagai negara, namun serangan ke negara pecahan Uni Soviet itu terus dilancarkan.

Kali ini KabarOto.com tidak membahas tentang perang Rusia dan Ukraina. Melainkan mobil kepresidenan Vladimir Putin. Diketahui, Putin menggunakan mobil limousine berlapis baja, bernama Aurus Senat L700. Kendaraan berwarna hitam ini digunakan untuk perjalanan dinasnya setiap hari. Mobil ini menggantikan Mercedes-Benz S 600 Pullman Guard yang pernah dipakainya.

Baca Juga: Sebastian Vettel Ogah Balapan Di Rusia

Dilansir laman resmi perusahaan, Aurus Senat L700 bukan limousine sembarangan. Pasalnya, kendaraan itu sudah dilengkapi dengan fitur keamanan seperti bodi dan kaca anti peluru. Hebatnya, mobil ini bisa mengapung di air, diambil dari teknologi kapal selam.

Mobil dinas Presiden Rusia, Vladimir Putin (Foto: istimewa)

Sementara, ban mobil disebutkan juga sudah menggunakan lapisan baja, fungsinya agar tidak tembus terhadap peluru. Aurus Senat sendiri mobil buatan Rusia yang dijual umum. Target penjualannya yakni pejabat negara serta pengusaha. Namun Vladimir Putin dibuatkan khusus untuk menjaga keamanan sang Presiden.

Mobil ini panjangnya hampir 7 meter, bobotnya mencapai 6 ton. berat tersebut didukung dengan mesin 4.400cc 8 silinder, transmisi otomatis 9-percepatan. Mesin Aurus Senat ini dikembangkan oleh perusahaan otomotif Rusia NAMI bersama Porsche.

Putin diketahui memiliki dua unit Aurus Senat L700, satu mobil untuk harian dan satu unit untuk cadangan. bahkan, jika melakukan kunjungan ke berbagai negara, mobil tersebut selalu dibawa.

Aurus dibuat oleh perusahaan otomotif Rusia NAMI, memegang saham 63,5 persen, Tawazun UEA 36 persen dan Sollers 0,5 persen. Harga Aurus Senat dibanderol 18 juta rubel atau setara dengan Rp3,4 miliar.

Mobil ini memang awalnya dirancang oleh Lembaga Riset Ilmiah dan Mesin Otomotif Rusia di Moskow dalam proyek "Cortege" untuk kendaraan mewah dan kuat untuk presiden Rusia.

Baca Juga: Formula 1 Rusia 2022 Dibatalkan

Namun, di awal tahun ini, Pemerintah Rusia akan mendukung dan memperluas pemasaran Aurus ke Azerbaijan, Bahrain juga Uni Emirat Arab.