POPULAR STORIES

Auto2000 Edukasi Sistem VOC Ke Perwakilan Toyota Asia Pasifik

Auto2000 Edukasi Sistem VOC ke Perwakilan Toyota Asia Pasifik Auto2000 menerima perwakilan Toyota Asia Pasifik

KabarOto.com - Auto2000 berhasil mengembangkan Voice of Customer (VOC) Utilization System. VOC sendiri merupakan suara konsumen Auto2000 sebagai media untuk melakukan pengembangan terus menerus (Kaizen) terhadap segala bentuk layanan yang bersentuhan dengan pelanggan.

Keberhasilan yang diraih Auto2000 tersebut ternyata memancing minat perwakilan Toyota dari 9 negara Asia Pasifik mengenal lebih dekat mengenai VOC Utilization System tersebut, yang diwujudkan melalui kunjungan ke dealer Auto2000 Cempaka Putih yang telah sukses menerapkan sistem tersebut. Rencananya, proyek ini akan segera dilanjutkan ke seluruh cabang Auto2000 lainnya pada pertengahan tahun ini.

Baca juga: Perkenalkan New Toyota Yaris, Auto2000 Gelar Millenials Fest

“Pengembangan terus menerus (Kaizen) sebagai hal yang harus tertanam dalam keseharian kami. Voice of Customer menjadi penting untuk memberikan pengalaman memiliki kendaraan terbaik bagi konsumen,” ujar Ricky Martawijaya, Senior Division Head Auto2000 dalam keterangan resminya kepada KabarOto, Rabu (28/3/2018).

Ricky pun menambahkan, caranya dengan memahami keinginan dan mendengarkan setiap kritik, masukan, dan saran pelanggan dalam setiap proses yang berjalan di Auto2000. “Suara konsumen menjadi acuan bagi cabang guna melakukan inovasi dan terobosan untuk menyajikan layanan terbaik dan menjaga tingkat kepuasan pelanggan,” katanya.

Auto2000 menerima perwakilan Toyota Asia Pasifik
Auto2000 menerima perwakilan Toyota Asia Pasifik

Kunjungan ini merupakan bagian dari acara The 6th CSKE CR Workshop Indonesia yang diadakan oleh TMAP dan PT TAM. Partisipan berasal dari beberapa negara di kawasan Asia Pasifik. Seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Philipina, Brunei, Vietnam, India, Pakistan, dan Jepang.

Dalam kesempatan itu, Auto2000 menjelaskan bagaimana skema VOC dijalankan agar tetap sesuai dengan standar operasi yang berlaku. Segala bentuk masukan dari pelanggan langsung dicarikan solusi penyelesaiannya.

Meski begitu, banyak tantangan dalam prosesnya. Seperti diketahui, saat ini ada 100 outlet Auto2000 di seluruh Indonesia dan akan bertambah jadi 108 outlet di tahun ini. Cabang yang tersebar di berbagai daerah menuntut Auto2000 untuk melakukan pengembangan layanan yang cepat dan konsisten.

Inovasi yang dijalankan harus sesuai dengan kearifan lokal, dan yang tak kalah penting adalah pengembangan layanan berbasis teknologi informasi, yang sudah menjadi sebuah keharusan di era modern saat ini. Salah satu bentuknya adalah aplikasi Auto2000 Mobile.

Auto2000 menerima perwakilan Toyota Asia Pasifik
Auto2000 menerima perwakilan Toyota Asia Pasifik

“VOC Utilization System sejalan dengan upaya Auto2000 untuk terus memberikan layanan terbaik bagi pelanggan Toyota sesuai dengan konsep layanan baru yakni ‘Auto2000 Lebih’, dengan tagline ‘Urusan Toyota Lebih Mudah’. Dengan begitu, pemilik dan calon pembeli Toyota merasakan pengalaman unik dan mengesankan, yang pada akhirnya menjadi loyalis Toyota dan Auto2000,” pungkas Ricky.

Sekadar informasi, total kontribusi Auto2000 sendiri mencapai 45% sampai dengan Februari 2018. Tercatat Toyota global sales mencapai 9,4 juta. Sementara, Indonesia sendiri menjadi negara penyumbang penjualan Toyota nomor 1 di Asia dan nomor 4 di dunia, berdasarkan data dari PT Toyota Astra Motor.