POPULAR STORIES

Awas Macet... Polisi Akan Rekayasa Lalin Saat Debat Capres Malam Ini

Awas Macet... Polisi Akan Rekayasa Lalin Saat Debat Capres Malam Ini Ilustrasi pengalihan arus lalin (ist)

KabarOto.com - Menurut rencana, hari Kamis ini (17/01) akan diadakan gelaran perdana debat presidensial 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Debat hari ini merupakan debat pertama dari lima debat presidensial, yang digelar pada pukul 20.00-22.00 WIB.

Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas saat berlangsungnya debat antar capres tersebut, Polisi menyiapkan pengalihan arus lalu lintas secara situasional. Apalagi waktu pelaksanaan bertepatan dengan arus jam pulang kantor.

Kepala Bagian (Kabag) Bin Operasional (Opsnal) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Darmanto menyatakan, akan ada rekayasa lalu lintas (lalin) di beberapa titik.

Petugas kepolisian saat melakukan pengalihan arus

"Kami memulainya dari pergerakan massa. Kami mulai mempersiapkan personel dan mencoba arus lalin dari pertigaan Kalibata manakala nanti ada terjadi stagnan massa yang tidak terdeteksi oleh intelijen maupun panitia," kata Darmanto dalam keterangan resminya.

Darmanto menjelaskan, arus dari Pasar Minggu pada pertigaan Kalibata, akan dialihkan ke kanan arah traffic light (TL) Jambul di Jalan Dewi Sartika, kemudian maju lagi di pertigaan Duren Tiga, dari Kalibata dibelokkan ke kiri. "Bahasanya bukan penutupan tapi pengalihan," jelas Darmanto.

Baca Juga: Profil - Grand New Daihatsu Xenia 1.5 R

Arus lalu lintas dari Pancoran yang mengarah ke Jalan Gatot Subroto akan diatur agar tidak macet. "Kalau memang Pancoran arah ke kiri Jalan Gatot Subroto, lalu Pancoran lurus ke Dokter Supomo memungkinkan, enggak masalah silakan lewat. Kami mencoba membuat situasi yang normal," ucapnya.

Untuk arus lalu lintas dari Cawang, kendaraan yang akan menuju Pancoran akan dibelokkan ke kiri Jalan Dewi Sartika atau kanan arah Senen dan Kampung Melayu. "Di sana kami sudah siapkan anggota dan alih arus," ujar Darmanto.

Darmanto menambahkan, pihaknya juga akan mengamankan arus dari sisi utara, dimulai dari TL Batu dan setelah Balai Sudirman. Arus lalu lintas dari Manggarai, dari Jalan Saharjo di TL Baru, dibelokkan ke kiri arah Tebet Raya Jalan Abdullah Safei.

Baca Juga: Ini Alasan Harga New Toyota Avanza Dan Veloz Tidak Alami Kenaikan

"Lalu belok kiri ke Polsek Tebet dan belok kiri lagi setelah Hotel Sofyan. Kemudian, sisi barat, kami lakukan sterilisasi dari Semanggi dan Kuningan," pungkas dia.

Debat perdana capres-cawapres 2019 ini diprediksi memang akan dihadiri oleh massa pendukungnya, sehingga berpotensi menyebabkan kemacetan. Acara yang akan berlangsung malam ini, sedianya akan membahas tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.