POPULAR STORIES

Bagian Mobil Ini Harus Diperiksa Setelah Mudik

Bagian Mobil Ini Harus Diperiksa Setelah Mudik Periksa mobil kesayangan di bengkel resmi setelah digunakan mudik. (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Bagi anda yang mudik menggunakan mobil pada lebaran lalu, ada baiknya anda periksa beberapa bagian kendaraan anda. Supaya kondisi mobil kesayangan anda kembali prima dan siap kembali untuk digunakan beraktivitas, ada beberapa aspek teknis yang harus diperiksa. Berikut bagian dari mobil yang harus diperiksa setelah digunakan mudik.

Cairan kendaraan yang berada di dalam kap mesin. Amati volume dari oli mesin dan transmisi, minyak rem, minyak kopling untuk mobil manual, minyak power steering, air aki, dan air wiper. Isi kembali kalau berkurang dan pastikan tidak ada kebocoran di sistem.

Baca Juga: Mobil Anda Body Roll, Cek Komponen Ini

Bagian lain yang wajib untuk dicek adalah ban sebagai tumpuan mobil saat berjalan. Apalagi jika melihat beban yang harus dipikul oleh ban saat mudik kemarin. Cek tekanan angin ban dan perhatikan apakah ada perubahan bentuk fisik. Lakukan pengecekan kondisi kolong mobil, seperti sistem suspensi, sistem kemudi, dan sistem rem. Pastikan tidak ada kebocoran dan komponen mekanis tersebut masih dalam kondisi yang baik.

merasa kurang nyaman dengan bunyi mesin atau merasa ada potensi masalah, segera bawa mobil anda ke bengkel resmi.

Lanjut ke bagian mesin. Seperti diketahui bersama, mesin mobil modern seperti Toyota Vios dan Toyota Kijang Innova sudah dikendalikan secara elektronis oleh sistem komputer. Cara paling mudah untuk mendeteksi potensi masalah adalah dengan melihat indikator di panel instrumen ketika kunci kontak di posisi ON. Bila tidak ada masalah bisa dilanjutkan dengan menyalakan mesin kendaraan.

Kalau anda merasa kurang nyaman dengan bunyi mesin atau merasa ada potensi masalah, segera bawa mobil anda ke bengkel resmi. Bagi anda pengguna Toyota bisa singgah ke bengkel resmi Toyota seperti Auto2000 untuk pemeriksaan lebih menyeluruh.