POPULAR STORIES

Bagian Mobil Yang Perlu Diperiksa Setelah Digunakan Mudik

Bagian Mobil yang Perlu Diperiksa Setelah Digunakan Mudik Mobil pribadi saat digunakan untuk perjalanan jarak jauh (Foto: ADM/ Kabaroto.com)

KabarOto.com - Perjalanan jarak jauh atau mudik lebaran dapat mempengaruhi kondisi mobil. Terlebih kondisi jalan yang dilewati cukup menantang.

Agar kondisi mobil kembali seperti semula, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil.

Pertama, jaga kebersihan eksterior dan interior agar mobil kembali bersih, dengan mencuci dengan shampoo mobil, hilangkan baret dengan compound, bersihkan sisa makanan/minuman, vacuum seluruh interior, lap panel dan beri pengharum.

Baca Juga : Tips Pemasangan Lampu Mobil Variasi Aman Dari Korsleting

Periksa kondisi mesin mobil

Bagian kedua yang harus diperiksa adalah komponen mesin, transmisi, gardan dan rem. Pastikan tidak ada kebocoran oli, cairan tidak berubah warna, dan perhatikan level cairan di antara min-max.

Lanjut bagian ketiga dengan mengecek kondisi aki. Pastikan level cairan aki cukup bagi yang menggunakan aki basah, casing tidak retak atau menggelembung, dan tidak ada korosi di terminal.

Area kabin perlu dijaga kebersihannya

Keempat, jangan lupa cek bagian kelistrikan seperti bohlam indikator pada odometer, kelayakan kondisi kabel (tidak ada yang putus atau sobek), dan pastikan tidak ada benda asing yang menempel pada komponen.

Baca Juga : Tips Memiliih Lampu LED Untuk Berkendara Aman Dan Nyaman

Kelima terkait kenyaman, dengan mengecek kondisi kaki-kaki, dan Ban. Pastikan karet tidak sobek, dan tidak ada baut yang kendur, tekanan angin pada ban cukup, tidak ada baret dan benjolan, serta bersihkan ulir ban dari kerikil yang terselip

Cek kondisi ban

Nah, untuk pemilik mobil Daihatsu yang tidak mau repot membersihkan mobil dapat mengunjungi bengkel resmi Daihatsu terdekat dan mendapatkan program “Traktiran AstraPay” untuk mendapatkan layanan free interior pro cleaner seharga Rp90.000, serta “Kinclongin” Free Poles All Body untuk minimum pengecatan 3 panel, serta diskon 25% untuk pengerjaan AC.

"Pemilik mobil Daihatsu bisa datang ke bengkel resmi Daihatsu terdekat untuk melakukan perawatan secara maksimal oleh para mekanik," ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).