Tips Pemasangan Lampu Mobil Variasi Aman Dari Korsleting

Tips Pemasangan Lampu Mobil Variasi Aman dari korsleting Dok : Deddy / KO

KabarOto.com – Sering kali belakangan terjadi kebakaran mobil akibat korsleting kabel. Masalah bukan datang dari kabel bawaan mobil, melainkan kabel modifikasi menambahkan aksesori seperti lampu.

Saat tim KabarOto bertanya dengan Rico selaku punggawa Shine Auto yang berada di MGK Kemayoran, ia menjelaskan sedikit apa penyebab paling utama terjadinya korsleting saat pemasangan lampu variasi.

“Biasanya korsleting itu terjadi karena instalasinya asal-asalan, sembarang potong dan sambung kabel. Lalu pemasangan juga tidak menggunakan sekring,” jelas pria ramah itu.

Baca Juga : Kustom Foglamp Proyektor LED Laser, Mampu Menembus Hujan Dan Kabut

“Amannya kita harus menyesuaikan asli mobilnya, dan menggunakan sekring. Sehingga apabila terjadi korsleting, maka yang putus itu sekringnya,” lanjutnya.

Setiap aksesori variasi yang berhubungan dengan listrik baiknya menggunakan sekring. “Sekring itu pengaman paling utama, jadi ketika mengalami hubungan pendek arusnya terputus dari sekring. Sehingga tidak akan merembet dan menghasilkan api,” ujar Rico.

Baca Juga : Lampu Belakang Toyota Kijang Innova Reborn Aftermarket

Tapi memang kejadian korsleting hingga mobil terbakar selalu berkaitan dengan pemasangan aksesori. “Kadang kita juga suka menemukan korsleting itu bukan dari aksesori, tapi misalnya kabel terkelupas akibat digigit tikus. Nah dari kabel terkelupas itu, terjadi kontak hingga menimbulkan api,” jelasnya.