Bahaya Air Hujan Terhadap Cat Mobil, Begini Cara Mengatasinya

Bahaya Air Hujan Terhadap Cat Mobil, Begini Cara Mengatasinya Ilustrasi mobil melaju saat hujan (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Menjaga kualitas cat mobil perlu mendapatkan perhatian khusus, apalagi saat memasuki musim penghujan seperti saat ini. Air hujan sendiri memiliki zat kimia yang berpotensi merusak cat mobil.

Biasanya air hujan mengandung beberapa zat kimia, diantaranya asam nitrat dan sulfat, ada juga kandungan garam dan karbon. Nah, zat-zat ini juga bercampur dengan kotoran, ketika mobil melewati genangan air hujan. Seiring berjalannya waktu, zat-zat tersebut akan mengurangi kualitas cat kendaraan.

Baca juga: Tips Memasang Stabilizer Bar Di Mobil, Bagian Mana Paling Utama?

Jonathan N.W, Senior Area Outlet Manager menjelaskan, "Pemilik mobil bisa melakukan langkah preventif untuk mencegah kerusakan cat dengan segera lakukan perawatan mandiri apabila kendaraan selesai melewati hujan atau terkena hujan."

Melapisi cat dengan cara coating

Langkah pertama, bisa langsung mencuci kendaraan atau minimal menyiram kendaraan dengan air bersih, untuk meminimalisir potensi kandungan kimia dan kotoran hujan menempel, mengering dan meresap ke cat kendaraan.

Baca juga: Tips Coating Mobil Klasik, Menjaga Cat Tetap Original

Untuk menjaga kilau cat mobil, bisa melakukan waxing ringan pada kendaraan. Kandungan wax (lilin) pada produk perawatan cat kendaraan dapat membantu menjaga kualitas clear coat ataupun ceramic coating untuk kendaraan yang sudah di coating.

Wax tersebut dapat juga berfungsi menjaga warna agar tetap pada bentuk terbaik, produk wax yang beredar di pasaran sangat banyak jenisnya, mulai dari berjenis cream wax, sampai dengan liquid wax yang paling umum digunakan karena praktis dan efektif dalam menjaga kilau kendaraan.