POPULAR STORIES

Tips Coating Mobil Klasik, Menjaga Cat Tetap Original

 Tips Coating Mobil Klasik, Menjaga Cat Tetap Original Proses coating di mobil klasik (Foto: Scuto)

KabarOto.com - Menjaga kualitas cat mobil dengan melakukan coating, bukan hanya bisa dilakukan pada mobil baru, tapi juga pada mobil klasik untuk menjaga kualitas catnya agar tetap original.

Menurut Outlet Manager Scuto Area DKI & Jawa Barat, Jonathan N.W menjelaskan bahwa dari sisi teknis secara keseluruhan tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan.

"Perbedaan hanya pada durasi beberapa step poles dan komposisi chemical compound. Pada mobil klasik mayoritas cat sudah termakan usia dan tentunya secara formasi penyusun cat tersebut sudah tidak sebaik mobil baru," jelas Jonathan kepada Kabaroto.

Baca juga: Tips Menjaga Kualitas Cat Mobil Agar Terus Berkilau

Jika kondisinya cat mobil klasik masih original, maka akan memakan waktu lebih lama sekitar 1 kali lipat dibandingkan mobil baru, namun jika cat mobil klasik sudah repaint full maka treatment dan durasi serta komposisi chemical-nya akan sangat mirip dengan pengaplikasian ceramic coating pada mobil baru.

Proses coating pada cat mobil

Perawatan mobil baru maupun mobil klasik, treatment-nya hampir sama, dalam mencuci sebisa mungkin hindari mobil terkena sinar matahari langsung atau dalam keadaan suhu permukaan mobil.

Menghindari suhu panas berlebih, merupakan tindakan preventif untuk meminimalisir potensi munculnya waterspot akibat busa atau sisa sabun yang mengering, untuk menjaga kualitas cat mobil klasik dengan cat original.

Baca juga: Tips Menjaga Performa Mobil Bermesin Diesel Standar Euro4

"Sebaiknya pemilik melapisi kendaraan dengan paint protection nano ceramic agar struktur cat semakin solid dan awet, untuk perawatan ringan bisa dengan menggunakan liquid wax yang banyak dijual di pasaran," tambah Jonathan.

Untuk biaya sebenarnya relatif tergantung kebijakan vendor penyedia jasa coating, namun di Scuto Indonesia tidak ada perbedaan biaya antara mobil baru maupun klasik.