POPULAR STORIES

Tips Menjaga Kualitas Cat Mobil Agar Terus Berkilau

Tips Menjaga Kualitas Cat Mobil Agar Terus Berkilau Tips menjaga kualitas cat mobil (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Menjaga kualitas cat eksterior, pemilik mobil perlu memperhatikan beberapa hal yang sebenarnya sepele, namun sering terlupakan.

Nah, untuk menjaga kualitas cat mobil agar tetap baik, pemilik perlu melakukan berbagai hal seperti berikut:

1. Hindari Parkir dibawah Terik Matahari Langsung

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang mampu merusak lapisan coating dalam jangka waktu lama. Jika memang harus parkir dibawah terik sinar matahari, sebaiknya gunakan wax untuk melindungi cat mobil dari sengatan UV. Wax melapisi cat agar sinar UV tak langsung bersentuhan dengan coating cat.

Baca juga: Tips Membedakan Oli Asli Dan Palsu Lewat Kemasan

Hindari parkir di area terbuka

2. Lekas Bilas jika Terkena Air Hujan

Air hujan dapat membuat cat lebih cepat kusam, lantaran terdapat kotoran dan jamur yang menempel pada cat. Selain itu, air hujan juga dikhawatirkan mengandung senyawa asam yang mampu bereaksi pada permukaan cat dalam jangka waktu lama.

3. Perhatikan Poin Penting Ketika Mencuci Mobil

Mencuci mobil pun sebaiknya dengan cara yang benar. Pada saat mencuci mobil, sebaiknya gunakan searah. Karena umumnya pemilik mobil memiliki kebiasaan mencuci mobil dengan gerakan memutar, hal ini dapat menimbulkan squirl atau goresan mirip sarang laba-laba.

Baca juga: Ini Tips Mobil Mewah Yang Cocok Untuk Investasi

Melakukan perawatan cat mobil

4. Gunakan Lap Jenis Microfiber

Ada baiknya hindari lap chamois atau lap jenis karet ketika membersihkan kotoran pada bodi kendaraan. Lap model tersebut tidak didesain untuk menyapu kotoran dan dikhawatirkan dapat menimbulkan baret halus. Gunakan lap microfiber karena memiliki daya serap tinggi ketimbang lap chamois untuk mengeringkan permukaan bodi mobil setelah selesai dicuci.

5. Lakukan Maintenance Berkala

Langkah terakhir untuk menjaga kilau cat, sebaiknya dilakukan mainatenance perawatan secara berkala. Hal ini untuk memberikan proteksi terhadap cat kendaraan. Selain itu, perawatan secara berkala untuk menjamin tampilan mobil Anda lebih terjaga.