Bahaya Air Yang Mengendap Di Dalam Tangki Bensin

Bahaya Air Yang Mengendap di Dalam Tangki Bensin Bahaya bila air masuk kedalam tangki bensin dan mengendap (foto: istimewa)

Kabaroto.com - Semua kendaraan bermotor roda dua ataupun roda empat membutuhkan bahan bakar minyak, untuk dapat beroperasi dan digunakan. Namun bila bahan bakar minyak tercampur dengan air dan mengendap di dalam tangki, apa yang akan terjadi?. Berikut penjelasan bro Ryan dari bengkel RMS kepada kabaroto, bahaya yang akan timbul setelah bahan bakar tercampur dengan air dan terendap di dalam tangki bensin.

Ada beberapa masalah yang akan timbul pada kendaraan bila bahan bakar tercampur air dan mengendap di dalam tangki. "Bila tangki bahan bakar terbuat dari bahan logam air tersebut akan membuat karat, dan efek dari karat ini mengakibatkan kotoran dan penyumbatan pada saringan bensin."

"Air juga dapat menjadikan karat pada bagian permukaan brush dan komutator pada fuel pump, yang mengakibatkan pompa bensin bermasalah, dan masalah ini bukan masalah yang sepele, karena karat yang berada di dalam tangki bensin merupakan masalah yang rumit dalam mengatasinya." Ungkap Bro Ryan.

"Yang pasti kendaraan akan terasa brebet dan tidak stabil saat di gunakan, karena injektor bahan bakar dan sistem pembakaran terhambat dengan adanya air tersebut, terlebih lagi dengan adanya karat. Tidak hanya berebet, parahnya lagi kendaraan akan mati mendadak karena suplay bahan bakar yang mengalami penyumbatan." Pungkas Bro Ryan kepada KabarOto.

Sebaiknya lebih memperhatikan bagian sekitar tangki bahan bakar, dan biasakan menutup dengan rapat saat setelah mengisi bahan bakar, dan saat mencuci kendaraan.

baca juga: