Bahaya, Jangan Isi Ulang Air Wiper Dengan Cairan Sabun

Bahaya, Jangan Isi Ulang Air Wiper dengan Cairan Sabun Foto: Wuling Motors

KabarOto.com - Ketika musim hujan, pengguna kendaraan roda empat sangat sering menggunakan wiper. Selain berfungsi untuk untuk menyapu air hujan kaca depan dan belakang, hal ini dilakukan agar visibilitas maksimal walaupun hujan. Tapi tidak sedikit juga yang menggunakan wiper untuk membersihkan kotoran pada kaca.

Biasanya untuk membersihkan kotoran yang ada di kaca mobil, pengguna akan menyemprotkan air wiper atau wahser fluid untuk membantu proses pembersihan. Sobat KabarOto juga harus selalu memastikan bahwa airnya masih ada ya, karena wiper kering yang menyapu kaca sangat rentan meninggalkan goresan.

Sampai saat ini penggunaan sabun untuk mengisi air wiper masih banyak digunakan nih. Selain murah, cara ini dianggap mudah karena bahannya bisa ditemukan dimana saja. Berbeda dengan oli, tidak ada rekomendasi cairan khusus untuk pengisiannya. Apakah menggunakan air biasa, air sabun, air shampo atau air khusus.

Sebenarnya jika Sobat KabarOto hanya menggunakan air untuk mengisi washer fluid sudah cukup loh. Namun, banyak yang berpikir atau merasa bahwa penggunaan air sabun sebagai cairan wiper ini bisa membersihkan kaca lebih maksimal. Selayaknya ketika cuci mobil, pasti akan lebih bersih jika menggunakan sabun kan.

Baca Juga: Meski Musim Kemarau Kondisi Wiper Wajib Dicek, Ini Cara Mudahnya!

Tapi Sobat KabarOto tidak boleh asal pilih nih. Seperti yang dijelaskan oleh Roy selaku owner Roy Glass Poles, "Sebaiknya jangan (pakai) sabun, kalau mau sih pakai shampo saja. Apapun mereknya terserah, tapi jangan sabun."

Tidak semua yang berbusa itu membersihkan ya ternyata. Nah, penggunaan shampo lebih di rekomendasikan karena partikel dan zat-zat yang ada pada shampo lebih aman dibandingkan dengan sabun, baik sabun mandi maupun sabun cuci.

Baca Juga: Begini Cara Memasang Wiper Model Frameless Yang Benar

Anjuran untuk tidak menggunakan sabun sebagai isi ulang washer fluid sebenarnya dilihat dari kandungan di dalamnya. Sehingga kalau shampo yang digunakan memiliki kandungan atau bahan berbahaya untuk kaca, jgua harus dihindari. Salah satunya shampo yang digunakan untuk rambut berketombe.

Sehingga Sobat KabarOto disarankan untuk menggunakan shampoo yang biasa, yaitu bukan shampo dengan formula khusus. Karena biasanya yang ada kandungan khusus di dalamnya malah bisa meninggalkan bercak-bercak putih, baik di kaca maupun wiper. Jadi, jangan asal ya Sob!