POPULAR STORIES

Bakal Ada 30 Unit Toilet Disabilitas Di Sepanjang Tol Trans Jawa

Bakal Ada 30 Unit Toilet Disabilitas di Sepanjang Tol Trans Jawa Foto: Jasamarga

KabarOto.com - Jelang arus mudik yang diperkirakan bakal dimulai pekan depan, berbagai fasilitas terus dikembangkan untuk meningkatkan kenyamanan pemudik. Jalan tol di berbagai area sudah diresmikan dan dibuka fungsional, tidak lupa rest area menjadi salah satu bagian yang terus diperbanyak.

Salah satunya PT Jasa Marga Persero Tbk, bersama sejumlah kelompok usahanya terus berupaya untuk meningkatkan layanan. Jelang arus mudik dan arus balik, fasilitas yang dikembangkan kali ini adalah toilet. Namun, ini dipergunakan untuk penyandang disabilitas.

Toilet untuk masyarakat umum mungkin sudah banyak tersebar dan tersedia, misalnya saja di sepanjang Tol Trans Jawa. Nah, di jalan tol ini juga bakal ada toilet khusus penyandang disabilitas yang berjumlah 30 unit, baik untuk pria maupun wanita.

Baca Juga: Jelang Mudik, Pertamina Sediakan 112 Titik SPBU Di Tol Trans Jawa

Toilet yang dikhususkan untuk penyandang disabilitas ini tersebar di 14 rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (ITP), berikut daftar serta rincian lokasinya:

Baca Juga: Jelang Arus Mudik, Pertamina Siapkan SPBU , Mobile Dispenser Dan Kios

- TIP 88A Jalan Tol Padaleunyi: 4 unit
- TIP 88B Jalan Tol Padaleunyi: 6 unit
- TIP 97B Jalan Tol Padaleunyi: 2 unit
- TIP 125B Jalan Tol Padaleunyi: 2 unit
- TIP 149B Jalan Tol Padaleunyi: 2 unit
- TIP 207A Jalan Tol Palikanci: 1 unit
- TIP 360B Jalan Tol Batang-Semarang: 5 unit
- TIP 519A Jalan Tol Solo-Ngawi: 1 unit
- TIP 519B Jalan Tol Solo-Ngawi: 1 unit
- TIP 575A Jalan Tol Solo-Ngawi: 1 unit
- TIP 575B Jalan Tol Solo-Ngawi: 1 unit
- TIP 597A Jalan Tol Ngawi-Kertosono: 1 unit
- TIP 725A Jalan Tol Surabaya-Mojokerto: 1 unit
- TIP 726B Jalan Tol Surabaya-Mojokerto: 2 unit

Hal ini terpikirkan karena walaupun rest area sudah tersebar, namun sering terlihat antrian yang di luar kapasitas. Terutama untuk toilet, dimana ketika arus mudik dan arus balik semakin padat. Pada saat seperti ini penyandang disabilitas akan mengalami kesulitan.

Baca Juga: Biar Pengguna Tol Nyaman, Jasa Marga Siapkan 6 Rest Area Di Jalan Tol Solo-Ngawi

Teman-teman disabilitas yang berkebutuhan khusus, juga akan sulit menggunakan fasilitas toilet di rest area tertentu. Sehingga dengan adanya toilet khusus disabilitas ini diharapkan dapat menambah kenyamanan para pemudik.

Bahkan tidak hanya menambah fasilitas toilet untuk penyandang disabilitas. Setiap jalan tol kepemilikan Jasa Marga, terutama di sepanjang jalan Tol Trans Jawa juga ditambah toilet umum. Juga menempatkan petugas untuk mengatur parkir, keamanan, serta kebersihan di rest area.

Untuk meminimalisir kepadatan di rest area, Jasa Marga juga sudah menyiapkan dan menerapkan Manajemen Rest Area. Misalnya menerapkan sistem zoning, penyediaan informasi parkir melalui Rest Area Monitoring System dan penambahan berbagai fasilitas seperti posko kesehatan dan tempat ibadah.

Baca Juga: Jelang Arus Mudik, Pertamina Siapkan SPBU , Mobile Dispenser Dan Kios