POPULAR STORIES

Biar Pengguna Tol Nyaman, Jasa Marga Siapkan 6 Rest Area Di Jalan Tol Solo-Ngawi

Biar Pengguna Tol Nyaman, Jasa Marga Siapkan 6 Rest Area di Jalan Tol Solo-Ngawi Ilustrasi rest area di tol (ist)

KabarOto.com - Pada hari Rabu (28/11/2018) lalu, Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi Ruas Sragen-Ngawi sepanjang 51 Km di Rest Area Km 538 (wilayah Sragen). Hal ini juga merupakan sebuah momen, bahwa untuk pertama kalinya jalan tol milik Jasa Marga diresmikan dengan mengambil lokasi di rest area.

Saat persemian, Jokowi menyempatkan diri untuk mengunjungi kios-kios retail para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di rest area Km 538. Presiden Jokowi mengapresiasi rest area Km 538, yang dipenuhi dengan produk-produk lokal.

"Kita ingin rest area ini dipenuhi oleh produk-produk lokal dari daerah-daerah yang kita miliki. Sehingga jangan sampai rest area dipenuhi dengan brand-brand asing dari luar negeri. Saya berharap di rest area lainnya mengikuti seperti ini (dipenuhi produk lokal)," imbau Presiden.

Kios UMKM di rest area KM 538
Kios UMKM di rest area KM 538

Guna menunjang kenyamanan para pengguna jalan tol, jalan tol Solo-Ngawi sendiri dilengkapi oleh enam Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area yang dikelola oleh anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yang bergerak di bidang properti, yakni PT Jasamarga Properti (JMP).

Keenam rest area yang berada di ruas Jalan Tol Solo-Ngawi yakni Rest Area Km 519 A, Rest Area Km 519 B, Rest Area Km 538 A, Rest Area Km 538 B, Rest Area Km 575 A, dan juga Rest Area Km 575 B.

Baca Juga: Jasa Marga Gratiskan Tol Segmen Sragen-Ngawi Selama Sepekan

Dari enam rest area yang terdapat di ruas Jalan Tol Solo-Ngawi, baru Rest Area Km 591 A, Rest Area Km 538 A, dan Rest Area Km 538 B yang sudah beroperasi. Sementara siasanya sedang memasuki tahap konstruksi.

Rest area yang dikelola oleh PT JMP di ruas Jalan Tol Solo-Ngawi, baik Tempat Istirahat (TI) dan TIP, akan dilengkapi oleh fasilitas yang lengkap, diantaranya adalah area parkir, toilet, tempat ibadah, serta area retail bagi para pelaku UMKM. Sedangkan bagi TIP, akan dilengkapi juga dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Tol Solo-Ngawi
Tol Solo-Ngawi

Pada Rest Area Km 538 A dan 538 B, mayoritas kios diisi oleh para pelaku UMKM yang menjual aneka kuliner. Selain itu, para pengguna jalan tol juga dapat memanfaatkan waktu istirahat sekaligus menikmati kuliner khas Solo yang dijajakan di rest area.

Baca Juga: Honda Bakal Bikin Greget Rally Dakkar 2019

Direktur Utama PT JMP, Irwan Artigyo Sumadiyo berharap, pembangunan rest area di Ruas Jalan Tol Solo-Ngawi dapat meningkatan pelayanan bagi pengguna jalan tol serta menggerakan perekonomian masyarakat sekitar jalan tol.

"Selain sebagai tempat istirahat bagi pengguna jalan tol, diharapkan dengan adanya rest area ini bisa menopang perekonomian masyarakat sekitar," ujar Irwan. Sejauh ini, PT JMP mengelola 18 rest area, di sepanjang koridor Trans Jawa, baik yang sudah beroperasi dan masih memasuki tahap konstruksi.