POPULAR STORIES

Jasa Marga Gratiskan Tol Segmen Sragen-Ngawi Selama Sepekan

Jasa Marga Gratiskan Tol Segmen Sragen-Ngawi Selama Sepekan Tol Solo-Ngawi (JM)

KabarOto.com - Jalan Tol Solo-Ngawi sepanjang 90,43 Km akhirnya tersambung dan beroperasi secara keseluruhan, menyusul diresmikannya segmen Sragen-Ngawi oleh Presiden Joko Widodo, pada Rabu (28/11/2018) kemarin. Segmen Sragen-Ngawi sendiri merupakan ruas tol yang memiliki panjang 51 Km.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (PT JSN), David Wijayatno menyatakan, bahwa Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi bisa langsung dilewati oleh pengguna jalan tol sesaat setelah peresmian."Mulai malam ini (Rabu, 28/11) maksimal pada pukul 21.00 WIB, masyarakat bisa menikmati Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi tanpa tarif, karena masih dalam masa sosialisasi. Namun mulai Kamis, 6 Desember 2018 pukul 00.00 WIB sudah diberlakukan tarif," beber David.

Jalan Tol Solo-Ngawi menerapkan cashless payment, sehingga pengguna jalan tol yang akan melakukan transaksi tol harus mempersiapkan uang elektronik dengan saldo yang cukup.

Baca Juga: Gokil! Toyota Trueno Ini Ditawar Rp 1,7 Miliar

Diresmikan oleh Presiden Jokowi

“Dengan beroperasi penuh, Jalan Tol Solo-Ngawi dapat memangkas waktu tempuh dari yang semula 3 jam dengan menggunakan jalur yang ada, sekarang dapat ditempuh hanya dalam waktu 1,5 jam," ujar David.

Untuk mempermudah pengguna jalan mengakses jalan tol ini, saat ini telah dioperasikan lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Colomadu, GT Ngemplak, GT Karanganyar, GT Sragen, dan GT Ngawi.

Nantinya, akan segera dibuka tiga GT tambahan pada awal tahun 2019 untuk lebih mempermudah masyarakat mengakses Jalan Tol ini, yakni GT Bandara Adi Soemarmo, GT Gondangrejo (akses arah Purwodadi) serta GT Sragen Timur (berada di Kecamatan Sambungmacan, Sragen sebagai akses arah Mantingan).

Baca Juga: Siap-Siap, Desember Bakal Digelar Trackday Untuk Mercedes-Benz Di Indonesia

Jalan Tol Solo-Ngawi terbagi atas tiga tahap pengoperasian, yang pertama adalah Segmen Simpang Susun Ngawi-Klitik (Ngawi) sepanjang 4 km sejak 30 Maret 2018 berbarengan dengan dioperasikannya Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Segmen Ngawi-Wilangan.

Pengoperasian tahap kedua adalah Segmen Kartasura-Sragen yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 15 Juli 2018 sedangkan yang ketiga, atau yang terakhir, adalah Segmen Ngawi-Sragen yang diresmikan pada Rabu 28 November 2018.