POPULAR STORIES

Kunjungi PEVS 2024, Presiden Jokowi Optimis Indonesia Punya Ekosistem Kendaraan Listrik

Kunjungi PEVS 2024, Presiden Jokowi Optimis Indonesia Punya Ekosistem Kendaraan Listrik Presiden Jokowi di PEVS 2024 (Foto: Dyandra)

KabarOto.com - Hari keempat Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jum'at (03/05/2024). Dalam kunjungannya, RI 1 mendatangi beberapa booth peserta pameran.

Booth yang didatangi adalah milik NEU, Keeway EV, BYD, Mobil Anak Bangsa (MAB), PT PLN (Persero). Jokowi juga melakukan kunjungan ke area pameran Asiabike Jakarta di Hall A, JIExpo Kemayoran seperti Yadea, Sunra, Aima dan Tailg.

Jokowi mengungkapkan, PEVS tidak hanya menyediakan kendaraan listrik lengkap, tapi juga membantu program pemerintah dalam percepatan transisi energi di Indonesia.

Baca Juga: Promo Mobil Listrik MG di PEVS 2024, Ada Garansi Baterai Seumur Hidup

Presiden kunjungi area PEVS 2024

Pabrik Baterai di Indonesia

“Pameran kendaraan listrik itu sangat bagus sekali. Saya melihat ada banyak jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor hingga mobil, bahkan bis dan truk juga ada,” ucap Jokowi.

Jokowi optimis, Indonesia akan memiliki ekosistem kendaraan listrik sendiri di masa depan. Pasalnya, dari sisi produksi Indonesia masih memiliki potensi yang sangat besar. Tak hanya itu, Indonesia juga akan segera memiliki pabrik industri baterai yang akan mulai berproduksi pada bulan depan.

Baca Juga: AsiaBike Hadir di PEVS 2024, Dorong Indonesia Nol Emisi Tahun 2060

Produksi Kendaraan Listrik

Menurutnya, sepeda motor listrik di Indonesia memiliki kapasitas 1,6 juta per tahun. Sekarang baru terisi yang terproduksi di sini baru kurang lebih 100 ribu saja.

"Artinya masih ada peluang yang sangat besar sekali. Yang kedua, nanti bulan depan itu ada yang namanya pabrik industri baterai yang sudah mulai berproduksi, jadi kita harapkan ini ekosistem ini segera terbangun,” jelas Jokowi.