POPULAR STORIES

Bakal Persingkat Waktu Tempuh, Pemerintah Bangun Tol Padang - Sicincin

Bakal Persingkat Waktu Tempuh, Pemerintah Bangun Tol Padang - Sicincin Pembangunan Tol Padang-Sicincin (PUPR)

KabarOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tengah melaksanakan pembangunan Tol Padang – Sicincin sepanjang 30,4 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan tol ini akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Riau dengan Sumatera Barat dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian khususnya pertanian, industri dan pariwisata.

Baca Juga: Ban Motor Punya Masa Kedaluwarsa, Cek Bagian Ini Sebelum Membeli

"Kehadiran jalan tol ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu solusi, mengatasi kepadatan lalu lintas terutama arus komoditas," ujar Basuki dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pembangunan Tol Padang – Sicincin dimulai pada Februari 2018 dan ditargetkan selesai serta beroperasi pada Desember 2021. Saat ini progres fisik Tol Padang – Sicincin mencapai 20,49%.

Bakal persingkat waktu tempuh

Jalan Tol ini juga menjadi bagian dari Tol Pekanbaru – Padang, yang mempunyai panjang total 254 km dan terbagi menjadi enam seksi.

Pertama yaitu Seksi I Padang – Sicincin, Seksi II Sicincin – Bukittinggi, seksi II Bukittinggi – Payakumbuh, Seksi IV Payakumbuh – Pangkalan, seksi V Pangkalan – Bangkinang dan seksi VI Bangkinang – Pekanbaru.

Baca Juga: Semua Bisa Jadi Pembalap Mobil Honda, Mudah Caranya!

Secara keseluruhan ruas Tol Pekanbaru – Padang akan ditargetkan beroperasi pada tahun 2025. Basuki juga mengatakan, kehadiran tol ini dapat mempersingkat jarak dan waktu tempuh.

"Kehadiran Tol Pekanbaru – Padang ini diharapkan bisa memangkas waktu tempuh perjalakan dari yang semula menghabiskan 9 jam menjadi 3 – 4 jam," pungkas Basuki.