POPULAR STORIES

Balap Formula E Akan Digelar Di Jantung Kota Jakarta, Ini Lokasinya!

Balap Formula E Akan Digelar di Jantung Kota Jakarta, Ini Lokasinya! Mobil balap Formula E (F1i)

KabarOto.com - Setelah beberapa waktu membuat penasaran pecinta otomotif, akhirnya pemerintah kota DKI Jakarta bersama Formula E, secara resmi mengumumkan masuknya Sirkuit Jakarta E-Prix pada seri kejuaraan ABB Formula E Championship musim 2019/2020.

Menurut jadwal, pada 6 Juni 2020, kejuaraan balap dengan kendaraan elektrik single-seater ini akan diadakan tepat di jantung Ibu Kota Indonesia, yakni di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Baca Juga: Perjalanan BMW Seri 3 Dari Masa Ke Masa

Rencana tersebut diumumkan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Co-Founder Formula E, Alberto Longo pada konferensi pers Jakarta E-Prix 2020 di bilangan Monas, Jumat (20/09).

Akan menggunakan kawasan Monas sebagai sirkuit

"Kebetulan tanggal 6 Juni itu jatuh pada hari sabtu. Kita akan gelar di kawasan Monas," jelas Anies. Namun ia belum mau merinci bagaimana rupa dari sirkuit tersebut, karena masih menunggu keputusan final dan beberapa masukan. "Detail treknya akan kita tuntaskan berikutnya," tuturnya.

Lantas bagaimana dengan kondisi lintasan yang akan dipakai? mengingat permukaan jalan di kawasan Monas terlihat menggunakan material batu, bukan aspal. "Kami sudah berbicara dengan Alberto, dan situasi ini mirip dengan di Paris," kata Anies.

Jakarta akan menggunakan sirkuit jalan raya

Ia pun menjelaskan bahwa di Paris, Prancis, permukaan jalan batunya tetap dijaga, karena merupakan cagar budaya. Langkah yang dilakukan Alberto dan tim ialah melakukan penutupan jalan tersebut dengan material khusus, sebelum dilapisi aspal. Sehingga bila perlombaan telah usai, lintasan tersebut bisa segera dibongkar.

"Namun karena di Monas ini (jalannya) bukan termasuk cagar budaya, rencananya kita akan langsung lapisi aspal," jelas Anies. Tak hanya itu, Anies pun juga akan menyiapkan sejumlah pagar di beberapa lokasi, sebagai pengaman dan pembatas.

Baca Juga: Catat Tanggalnya! Jakarta Dipastikan Menjadi Tuan Rumah Balap Formula E

Ketika menggelar perlombaan tersebut, kawasan Monas juga akan dilakukan penutupannya selama 1 minggu. Namun Anies menjamin, bahwa hal tersebut tidak akan banyak menggangu aktivitas warga.

"Komitmen kita sejak awal adalah sesedikit mungkin menggangu tanaman yang ada, lalu diusahakan sedikit pula mengubah rute lalu lintas, dan terakhir sesedikit mungkin menambah biaya dana untuk pembangunan trek. Untuk treknya, nanti kalau gambarnya sudah selesai kita umumkan kembali," pungkas Anies.

Nah, balapan Formula E diselenggarakan pada hari Sabtu, untuk menghindari tabrakan tontonan. Balapan Formula 1 dan MotoGP selalu berlangsung pada hari Minggu. Ini agar Formula E tidak kehilangan penontonnya.