POPULAR STORIES

Balapan Formula 3 Dan FIA GT Makau Dibatalkan

Balapan Formula 3 dan FIA GT Makau Dibatalkan

KabarOto.com - Formula 3 FIA dan Piala Dunia FIA GT di Makau (Daerah Administratif Khusus Makau Republik Rakyat Tiongkok) akan dibatalkan untuk tahun kedua secara berturut-turut karena pembatasan akibat Covid-19. Tidak hanya F3 dan GT, melainkan WTCR (World Touring Car Cup) pun ikut tersingkir.

Hal tersebut terkait diharuskannya karantina selama 21 hari setelah kedatangan. Jika tidak berhalangan, acara tersebut seharusanya diadakan seperti biasa dari 17-21 November tahun ini, sambil menunggu pembatasan perjalanan dicabut, tetapi pernyataan FIA yang dirilis pada hari Kamis (19/08) bahwa pemerintah Makau tidak akan menyesuaikan persyaratan karantina di masa mendatang.

Baca juga: Resmi, F1 GP Jepang Dibatalkan

Sekretaris Umum Olahraga FIA Peter Bayer mengatakan, “Selama bertahun-tahun, Grand Prix Makau telah menjadi tradisi akhir musim bagi sebagian besar motorsport dunia, memiliki arti khusus bagi FIA sebagai satu-satunya acara yang menampilkan tiga piala dunia FIA yang berbeda. Meskipun kami sendiri akan merindukan untuk berada di sana, kami berharap penyelenggara GP Makau aman dan sukses pada bulan November dan kami akan segera mulai bekerja menuju musim 2022.”

Pernyataan FIA menambahkan bahwa rincian program acara Makau akan diumumkan oleh Asosiasi Umum Otomotif Macao-China (AAMC) pada waktunya.

Baca juga: Mercedes EQ Tinggalkan Formula E, Kenapa?

Sementara ditambahkan juga bahwa peminat partisipan balapan GT sangat tinggi, setidaknya sudah ada 27 mobil yang terdaftar mengikuti balapan dan angka tersebut bisa lebih lagi.

“Antusiasme acara ini sangat besar dan kami sudah mencatatkan rekor. Kami mencapai 27 dan mungkin akan mendapat dua atau tiga lagi. Itu adalah campuran tim lokal Asia dan beberapa tim internasional dari Eropa, penyebaran yang bagus,” kata Benjamin Franassovici dari Stephane Ratel Group.

Franassovici menjelaskan bahwa akan ada perwakilan pabrik dari beberapa pabrikan, termasuk Porsche, Audi dan BMW. Ada juga tim lain seperti Mercedes-AMG, Aston Martin, Ferrari dan Honda