Mercedes EQ Tinggalkan Formula E, Kenapa?

Mercedes EQ Tinggalkan Formula E, Kenapa?

KabarOto.com – Tim Formula E Mercedes EQ dikabarkan akan meninggalkan ajang balap itu pada akhir musim 2021/2022. Hal tersebut terkait strategi baru mereka, perusahaan telah memilih untuk mengalihkan fokus mereka dari Formula E ke pengembangan kendaraan listrik baru.

Seperti yang dijelaskan Mercedes EQ, mereka hanya menggunakan EV untuk sebagian besar pasar dan ini membutuhkan investasi besar karena tiga arsitektur listrik akan diluncurkan pada 2025. Perusahaan akan menggunakan uang yang dihemat dari budget Formula E demi mendanai pengembangan model baru nantinya, serta menerapkan pelajaran dari balap ke mobil jalanan.

Baca juga: Mercedes EQS Buka Pemesanan Dua Mobil Listrik Mewahnya

Meski begitu, Mercedes tidak meninggalkan motorsport sama sekali karena mereka akan memusatkan fokus mereka pada Formula 1. Sementara tim Mercedes EQ telah memiliki opsi termasuk potensi penjualan kepada pemilik baru.

Kepala Tim Formula E Mercedes-EQ Ian James mengatakan, “Kami sangat beruntung menikmati dukungan Mercedes-Benz dalam membangun operasi Formula E yang terdepan di kelasnya selama beberapa musim terakhir. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada perusahaan atas kepercayaan dan dukungannya dalam perjalanan kami sejauh ini.”

Baca juga: Nissan Siap Ikuti Formula E Hingga 2026

Anggota dewan Daimler dan Mercedes-Benz yakni Markus Schäfer mengatakan bahwa komitmen perusahaan ini menlindungi bumi dari mobil non emisi, “Kami telah berkomitmen untuk memerangi perubahan iklim dengan kekuatan penuh dalam dekade ini. Hal tersebut menuntut percepatan transformasi perusahaan, produk, dan layanan kami menuju masa depan yang bebas emisi dan berbasis perangkat lunak. Sehingga untuk mencapainya, kami harus memberikan fokus penuh pada kegiatan inti kami,” ujar Markus Schäfer.