Nissan Siap Ikuti Formula E Hingga 2026

Nissan Siap Ikuti Formula E Hingga 2026

KabarOto.com - Nissan sedang gencar mendukung teknologi kendaraan elektrik yang menjadi spesialisasinya, pabrikan Jepang itu lantas menunjukkan komitmennya untuk terjun pada ajang balap mobil eletrik Formula E era Gen3.

Nissan telah mengumumkan komitmen jangka panjangnya untuk balap ABB FIA Formula E World Championship hingga akhir musim ke-12 2025-2026. Nissan bergabung sejak musim kelima sebagai satu-satunya pabrikan asal Jepang.

Baca juga: Detail Desain Red Bull Racing Bisa Untungkan Balapan di Sirkuit Hungaroring

Era Gen3 dimulai pada musim 2022-2023, dan akan menampilkan mobil yang lebih bertenaga dan lebih cepat. Nissan bertujuan untuk membawa keahliannya, serta mentransfer pengetahuan dan teknologi antara trek balap dan jalan raya untuk kendaraan listrik yang lebih baik bagi pelanggan nanti.

“Visi Nissan untuk mobil lebih dari sekadar moda transportasi. Kami bertujuan untuk merancang dan membangun kendaraan listrik yang mengubah cara orang terhubung dan bergerak, dan menginspirasi kita semua untuk bekerja menuju masyarakat yang berkelanjutan. Bagi Nissan, Formula E membantu kami menghadirkan kegembiraan, energi, dan lingkungan ke depan saat kami menyampaikan visi masa depan ini kepada audiens yang terus berkembang, baru, muda, dan beragam,” kata Ashwani Gupta selaku Chief Operating Officer Nissan.

Tommaso Volpe, direktur motorsport global Nissan juga menjelaskan bahwa pada fase awal Nissan membawa teknologi pada mobil jalanan untuk diaplikasikan ke trek. Sementara pada fase kedua Nissan kembali membawa sesuatu yang didapat dari trek, diterapkan pada mobil jalanan mereka.

Baca juga: Alpine Fokuskan Pengembangan Pada Mobil 2022

“Kami telah mencapai hasil yang luar biasa selama dua musim pertama kami dan memperbarui komitmen jangka panjang kami untuk Formula E adalah langkah kunci. Kami memasuki olahraga dengan pendekatan teknis ‘road-to-track’, dan dengan memperluas program balap kami melalui era Gen3, kami memiliki kesempatan untuk menutup lingkaran dengan transfer teknis ‘track-to-road’. Kami percaya bahwa, sebagai salah satu produsen global yang terlibat dalam Formula E, olahraga ini adalah platform yang sempurna untuk mempromosikan keahlian kami dalam elektrifikasi dan menunjukkan komitmen kami terhadap solusi mobilitas yang lebih berkelanjutan,” jelasnya.

Olivier dan Gregory Driot, kepala tim Nissan e.dams, menambahkan, “Komitmen Nissan terhadap era Gen3 Formula E ABB FIA menunjukkan kekuatan seri balap all-electric dan mengejar kesuksesan di fase berikutnya. Mobil Gen3 baru akan lebih cepat dan lebih bertenaga, dan evolusi konstan performa balap yang terus kita lihat di Formula E sangat bagus untuk para penggemar dan olahraga.”