POPULAR STORIES

Balik Dari Mudik Lebaran Idul Fitri, Coba Lirik Bagian Kaki-kaki Yang Rentan Bermasalah Ini

Balik dari Mudik Lebaran Idul Fitri, Coba Lirik Bagian Kaki-kaki yang rentan Bermasalah Ini Balik dari Mudik Lebaran Idul Fitri, Coba Lirik Bagian Kaki-kaki yang rentan Bermasalah Ini (Kipli)

KabarOto.com - Perjalanan jauh setelah mudik lebaran Idul Fitri butuh perawatan kendaraan yang tepat. Terlebih, bagian kaki-kaki kendaraan Sobat telah menempuh jarak ribuan kilometer menuju kampung halaman.

Pasalnya, jalanan yang dilalui selama perjalan panjang kerap membuat komponen, parts kendaraan cepat aus seperti kondisi ban dan suspensi. Kondisi jalanan yang memiliki permukaan berbatu, berlubang akan membuat kondisi bagian komponen kaki-kaki cepat aus.

Baca Juga: Pentingnya Pengecekan AC Mobil Pasca Mudik Lebaran Idul Fitri

Ban mobil punya tugas berat

"Contoh paling simpel, jalanan berbatu bisa membuat kondisi ban menjadi aus jika terdapat permukaan yang tajam dan dapat melukai dari kondisi ban, hal ini perlu diperhatikan ban tersebut apakah masih bisa digunakan atau perlu dilakukan penggantian, karena ban memiliki tugas berat saat dipakai mudik," ujar Herry Liu, Punggawa Bandar Per, Kota Tangerang.

Umumnya, bila kondisi ban yang terluka karena mengenai permukaan yang tajam lazimnya dapat dilakukan penggantian agar kendaraan dapat berfungsi dengan baik.

Sementara kondisi suspensi bermasalah dapat terdeteksi dengan mengalami perubahan suara dan kenyamanan pada saat kendaraan berjalan. Perubahan ini bisa dari suara yang tidak normal dan dapat mengganggu pengendara saat menggunakan mobil.

Baca Juga: Arus Balik Mudik Lebaran Idul Fitri, Jaga Jarak Aman Kendaraan

Parts kaki-kaki yang kecil

"Selain itu, gejala lainnya yang muncul seperti setir terasa bergetar, limbung di kecepatan tinggi sampai mobil cenderung sulit dikendalikan atau berperilaku tidak lazim pada kecepatan rendah," terang pria yang hobi gym itu.

Dalam hal ini, suspensi perlu dilakukan pengecekan berkala agar dapat terdiagnosa komponen suspensi yang perlu diganti. Umumnya yang perlu dilakukan penggantian support sokbreker sudah aus, ball joint, Tie Rod, Bushing, Bearing, Link Stabilizer dan sokbreker rusak.

“Setelah mudik perlu dilakukan pengecekkan berkala dari komponen ban dan suspensi di bengkel agar kondisi kendaraan prima saat digunakan sehari-harinya nanti,” tutupnya.

Selain komponen di atas, bisa dilakukan pengecekan ringan di daerah body part, mungkin saja terkena batu (stone chip) jalanan yang kena bodi kendaraan atau terkena benda tajam saat mudik lebaran.