POPULAR STORIES

Arus Balik Mudik Lebaran Idul Fitri, Jaga Jarak Aman Kendaraan

Arus Balik Mudik Lebaran Idul Fitri, Jaga Jarak Aman Kendaraan Arus Balik Mudik Lebaran Idul Fitri, Sobat Diminta Jaga Jarak Aman Kendaraan (Kipli)

KabarOto.com - Kepadatan arus balik mudik Lebaran 2024 sudah, mulai terlihat di Tol Cipali KM 171 (15/04). Seperti video yang diunggah oleh akun Instagram @jakut.info, (15/04), terlihat kepadatan lalu lintas pada jalur one way.

“Info Arus Balik di Tol Cipali KM 171 terpantau kedua jalur baik kanan maupun jalur kiri terpantau padat. Senin (15/04) Pukul 06:30 WIB,” tulis akun tersebut.

Baca Juga: Tips Merawat Head Unit Supaya Enggak Cepat Rusak

Instruktur keselamatan berkendara

Melihat kepadatan lalu lintas saat arus balik ini, pengemudi harus saling menjaga jarak dan mengatur kecepatan berkendara. Jusri Pulubuhu selaku Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting (JDDC) mengatakan, mengemudi di jalan tol perlu menerapkan aturan jaga jarak dan batas kecepatan.

“Kecelakaan di tol sebagian terjadi karena pengemudi yang tidak menjaga jarak aman dan melaju diluar batas kecepatan,” kata Jusri, sapaan akrabnya.

Jusri mengatakan, berkendara di jalan tol membutuhkan konsentrasi tinggi dan kesigapan untuk bereaksi untuk bahaya besar, beda jika di dalam kota. Teknik jaga jarak dan batas kecepatan di tol sudah diterapkan bersama.

Baca Juga: Cegah Microsleep Saat Perjalanan Arus Balik Mudik, Ikuti 8 Tipsnya

Risiko kecelakaan

Apalagi saat musim mudik atau arus balik Lebaran, risiko terjadinya kecelakaan bisa meningkat lebih besar karena kepadatan kendaraan yang juga tinggi. Maka dari itu, pengemudi perlu menyadari pentingnya jaga jarak dan kecepatan untuk keselamatan berkendara.

“Tantangan di tol itu kewaspadaan, siang dan malam hari saja berbahaya dan risiko berbeda. Kecelakaan tinggi, antisipasi bahaya yang datang juga harus lebih. Apalagi jika emosi meluap, terpancing ulang pengemudi lain, tidak fokus sangat berbahaya,” tutup Jusri.