POPULAR STORIES

Cegah Microsleep Saat Perjalanan Arus Balik Mudik, Ikuti 8 Tipsnya

Cegah Microsleep Saat Perjalanan Arus Balik Mudik, Ikuti 8 Tipsnya Berkendara di waktu yang panjang menyebabkan kelelahan. (Foto: Kipli/KabarOto)

KabarOto.com - Apakah Sobat bersiap-siap melakukan perjalanan arus balik dengan jarak yang jauh? Mengemudi dalam jarak yang jauh dan waktu yang panjang bisa membuat lelah, hal ini juga memungkinkan terjadinya kondisi microsleep yang membahayakan.

Microsleep adalah kondisi di mana seseorang tertidur sebentar tanpa menyadarinya, yang bisa sangat berbahaya saat berada di jalan raya. Untuk memastikan perjalanan mudik Sobat aman dan nyaman, KabarOto bagikan 8 tips ampuh untuk mencegah microsleep:

Rest Area Jalan Tol
Beristirahat di rest area bisa jadi pilihan yang tepat sekaligus bisa membeli kebutuhan saat perjalanan. (Foto: Jasa Marga)

1. Istirahat Secukupnya

Pastikan Sobat sudah istirahat dengan cukup sebelum memulai perjalanan jauh. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko microsleep di jalan.

2. Bagi Waktu Perjalanan

Jangan mencoba menyelesaikan perjalanan dalam satu waktu yang panjang. Bagi waktu perjalanan dengan istirahat yang cukup di antara sesi mengemudi.

Baca Juga: 6 Alasan Pentingnya Baby Car Seat untuk Anak-Anak Saat Mudik

3. Lakukan Pergantian Pengemudi

Kalau memungkinkan, bergantian menjadi pengemudi dengan teman atau anggota keluarga untuk memastikan setiap pengemudi tetap segar dan terjaga.

4. Jangan Mengemudi di Malam Hari

Microsleep lebih mungkin terjadi saat kelelahan di malam hari. Usahakan untuk menghindari mengemudi pada jam-jam larut malam dan dini hari.

Baca Juga: Beberapa Poin Ini Harus Dicek Jika Mudik Gunakan Mobil

5. Minum Kopi atau Teh

Konsumsi kafein dalam jumlah yang cukup dapat membantu Sobat tetap terjaga dan fokus selama perjalanan. Namun, hindari minuman berkafein terlalu dekat dengan waktu tidur.

6. Beristirahat Setiap Dua Jam

Berhenti sejenak setiap dua jam untuk istirahat singkat. Lakukan peregangan dapat membantu mengurangi kelelahan.

Baca Juga: Tips Berkendara Aman Saat Contra Flow dan One Way di Jalan Tol

7. Jaga Kondisi Udara di dalam Mobil

Pastikan udara di dalam mobil tetap segar dan terjaga. Sirkulasi udara yang baik dapat membantu menjaga kewaspadaan saat mengemudi.

8. Dengarkan Musik atau Podcast yang Menarik

Musik yang dinamis atau podcast yang menarik dapat membantu menjaga tingkat kewaspadaan saat mengemudi. Namun, pastikan untuk tetap fokus pada jalan raya.

Baca Juga: Mudik Lebaran Idul Fitri Pakai Roof Rack dan Roof Box di Mobil? Jangan Gegabah, Simak Dulu Tips Ini

Ikuti tips-tips tersebut agar terhindar dari microsleep saat perjalanan arus balik mudik. Jangan paksakan fisik yang lelah, sempatkan beristirahat demi keselamatan bersama.