POPULAR STORIES

6 Alasan Pentingnya Baby Car Seat Untuk Anak-Anak Saat Mudik

6 Alasan Pentingnya Baby Car Seat untuk Anak-Anak Saat Mudik Perjalanan mudik harus memperhitungkan segala keselamatan, termasuk untuk keamanan anak-anak di dalam mobil. (Foto: Sigit/KabarOto)

KabarOto.com - Mudik merupakan momen yang dinantikan oleh banyak orang. Namun, dalam serunya merencanakan perjalanan, seringkali keselamatan anak-anak di dalam mobil terlupakan.

Penggunaan baby car seat atau kursi mobil khusus untuk anak-anak adalah langkah penting yang tidak boleh diabaikan saat merencanakan perjalanan mudik Sob!

“Kursi mobil sangat baik dalam melindungi anak-anak saat terjadi kecelakaan, dan itulah alasan mengapa angka kematian dan cedera pada anak-anak akibat kecelakaan kendaraan bermotor menurun,” ujar Dr. Hoffman yang dikutip dari American Academy of Pediatrics (AAP)

Melansir American Academy of Pediatrics (AAP), berikut adalah beberapa alasan mengapa penggunaan car seat sangat penting bagi anak-anak, termasuk dalam keadaan perjalanan mudik.

baby car seat
Baby car seat memiliki berbagai ukuran dan fitur. (Foto: dok. Joiebaby)

1. Melindungi Anak dari Cedera Serius

Anak-anak sangatlah rentan cedera dalam kecelakaan mobil, dibandingkan dengan orang dewasa. Penggunaan car seat yang sesuai dengan ukuran dan berat anak dapat membantu melindungi mereka dari cedera serius saat terjadi tabrakan atau guncangan.

Baca Juga: Begini Cara Honda Jaring Kemampuan Keselamatan Berkendara Lewat Kompetisi

2. Mengurangi Risiko Cedera Leher dan Kepala

Carseat dirancang khusus untuk menyokong leher dan kepala anak dengan baik dalam kejadian kecelakaan. Hal ini membantu mengurangi risiko cedera pada bagian-bagian tubuh yang rentan.

3. Lebih Stabil dan Aman

Dibandingkan dengan penggunaan sabuk pengaman biasa, baby car seat menyediakan tingkat keamanan dan stabilitas yang lebih tinggi. Ini membantu mencegah anak-anak terlempar keluar atau terjatuh dari kursi saat mobil bergerak atau terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Fitur Keselamatan Honda CR-V Baru Sudah Dapat Bintang 5 ASEAN NCAP

4. Mematuhi Peraturan Keselamatan Jalan Raya

Di banyak negara, penggunaan car seat untuk anak-anak merupakan persyaratan hukum yang harus dipatuhi oleh setiap pengemudi. Dengan menggunakan car seat, Sobat tidak hanya melindungi keselamatan anak-anak tetapi juga mematuhi peraturan jalan raya yang berlaku.

5. Kenyamanan Selama Perjalanan

Selain keselamatan, car seat juga memberikan kenyamanan ekstra bagi anak-anak selama perjalanan. Mereka dapat duduk dengan nyaman dan menikmati perjalanan tanpa risiko cedera atau gangguan yang mungkin terjadi tanpa car seat.

Baca Juga: Semakin Aman, Nissan Atlas Dibekali Fitur Keselamatan ADAS

6. Contoh Baik yang Dibiasakan untuk Anak

Dengan menggunakan carseat untuk anak-anak, Sobat memberikan contoh yang baik tentang pentingnya keselamatan di jalan raya. Hal ini membantu membentuk kebiasaan baik dan kesadaran keselamatan di antara anak-anak sejak dini.

Dengan menggunakan car seat yang sesuai, Sobat tidak hanya melindungi anak-anak dari risiko cedera serius tetapi juga memberikan mereka kenyamanan dan keamanan selama perjalanan. Jadi, pastikan untuk selalu menggunakan car seat saat merencanakan perjalanan mudik bersama keluarga.

Baca Juga: Ini Fitur Keselamatan Wuling Alvez Yang Buat Pesaing Ketar-Ketir