POPULAR STORIES

Bamsoet Tantang Tuksedo Studio Bikin Mobil Listrik Nasional

Bamsoet Tantang Tuksedo Studio Bikin Mobil Listrik Nasional Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (Foto: Sigit/KabarOto.com)

KabarOto.com - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo memperkenalkan Tuksedo Studio sebagai workshop pembuatan mobil klasiklegendaris secara handmade.

Sebelumnya, Tuksedo Studio juga dipercaya untuk membuat trofi untuk para juara World Superbike 2021 dan MotoGP 2022 diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB. Sekaligus membuat plakat penghargaan untuk para peserta yang berpartisipasi pada IIMS Hybrid 2022.

"Setelah mobil klasik, saya berharap Tusedo Studio bisa membuat mobil listrik nasional yang merupakan karya anak bangsa, asli made in Indonesia pada tahun depan," ungkap pria yang akrab di sapa Bamsoet.

Baca juga: Dapat Dukungan Bamsoet, Ini Misi Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring

Porsche klasik karya Tuksedo Studio

Selain itu, Bamsoetbersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sepakat untuk terus bekerja sama menjadikan industri modifikasi otomotif, baik dalam bentuk kit car hingga restorasi, sebagai bagian dalam memperkuat tulang punggung perekonomian nasional.

Karenanya IMI mendukung langkah Menteri Parekraf Sandiaga Uno yang akan memasukan sektor modifikasi otomotif dalam peraturan pemerintah yang sedang disusun sebagai turunan dari UU No.24/2019 tentang Ekonomi Kreatif. Sehingga industri modifikasi otomotif memiliki payung hukum.

Baca juga: Deklarasi Komunitas Team Good Boy Dihadiri IMI Dan HDCI Lampung

Sesi press conference perkenalan Tuksedo Studio

"IMI bersama Kementerian Perhubungan juga sedang menyusun regulasi agar kendaraan kit car dan hasil modifikasi otomotif lainnya bisa legal digunakan di jalan raya," ungkap Bamsoet.

IMI mengusulkan, sesuai tren otomotif di berbagai negara dunia, agar kedepannya nomor mesin tidak perlu lagi dijadikan dasar legalitas. Karena kendaraan kit car ataupun hasil modifikasi otomotif lainnya, biasanya menggunakan mesin dari kendaraan lainnya,"ujar.

"Dengan melegalkan kendaraan modifikasi, Indonesia bisa menjadi pemain utama dalam industri modifikasi di Asia Tenggara, Asia, dan bahkan dunia," pungkas Bamsoet.