Bangga, Audio Bikinan Surabaya Dipakai Oleh Sekelas Bentley

Bangga, Audio Bikinan Surabaya Dipakai oleh Sekelas Bentley

KabarOto.com - CV Sinar Baja Electric (SBE) yang merupakan produsen speaker lokal asal Surabaya tercatat telah mengekspor produknya ke berbagai negara di kawasan Asia, Australia, Eropa, bahkan Amerika, bahkan produknya digunakan untuk mobil premium seperti Bentley.

Tak hanya mobil premium asal Inggris tersebut, tercatat merek Honda, Hyundai, Yamaha, Harman Revel, adalah contoh merek besar yang menggunakan speaker garapan lokal tersebut.

Baca Juga: Sepeda Bentley Untuk Sang Buah Hati Dibanderol Rp7 Jutaan

"Ini mencerminkan kualitas tinggi dari produk-produk perusahaan di Indonesia. Pelanggan perusahaan ada juga yang bermain di segmen luxury. Yang menunjukkan bahwa produk dalam negeri juga dapat bersaing di kategori high-end itu," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

SBE dapat mencapai kapasitas produksi 12 juta unit per tahun dengan klasifikasi Hi-End Audio, Professional Audio dan Car Audio. Pihaknya membuat speaker dengan merek sendiri maupun subkontrak (OEM).

Nilai impor produknya pada tahun 2020 ada di angka sekitar US$ 74 Juta, meski demikian, angka tersebut memang menurun dari impor 2019 yang mencapai US$ 115 Juta.

Baca Juga: Bentley Continental GT Speed Punya Jurus Baru

Menperin ingin pemerintah mendukung industri speaker dalam negeri agar dapat lebih diterima di pasar domestik. Mengingat sekitar 40 persen produk sudah tembus di pasar ekspor.

Nantinya, produk tersebut bakal didukung untuk menyuplai industri otomotif, televisi, maupun ponsel yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian nasional.