Banyak Orang Ngoprek Motor Saat Pandemik Covid-19

Banyak Orang Ngoprek Motor saat Pandemik Covid-19 Produk-produk Racing Boy (RCB)

KabarOto.com - Pandemik Covid-19 nampaknya masih menjadi catatan yang memilukan bagi semua industri otomotif dan juga pendukungnya. Seperti RCB, produsen aftermarket untuk sepeda motor ini penjualan mereka saat konsisi ini terkoreksi. Tidak seperti kondisi normal, namun masih banyak diminati oleh pengguna motor yang mengoprek kuda besinya di rumah.

"Terkoreksi, ya! Selama pandemik Covid-19 ini, segmen menengah ke atas yang bergerak naik," terang Rio Tan, Technical-Support PT Enwan Multi Partindo, distributor Racing Boy (RCB) di Indonesia. Penjualan online menjadi tumpuan mereka dalam memasarkan produk-produknya. Komposisi penjualanya saat pandemik 70% online dan 30% distributor mereka yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Konsisten Dukung Event Balap Motor, RCB Perkenalkan Pelek SP 522

Pelek RCB

Karena event-event tidak digelar, membuat mereka memutar strategi, dengan menggelar acara virtual, seperti give away untuk konsumennya. "Kemarin kami fokus di online, bikin give away saat pandemik ini," terang Rio Tan, kepada KabarOto.com beberapa waktu lalu, di Jakarta Pusat.

RCB sendiri menghadirkan beragam produk aftermarket seperti sokbreker, pelek, footrest, master brake pump, piringan dan masih banyak lagi. Produk-produk mereka biasa digunakan oleh tim balap dan menjadi salah satu spare part rujukan Ikatan Motor Indonesia (IMI). Selain untuk balap, produk-produk RCB juga banyak digunakan untuk motor harian.

Saat kondisi normal, RCB biasanya selalu mengikuti semua event balap di berbagai daerah, dengan menjadi sponsor dan juga mendukung tim balap. Tak jarang mereka pun menggelar pameran di berbagai event. "Kalau di ajang balap, biasanya kita uji produk tuh, sebelum dilempar ke pasar, kita coba dulu di arena balap," tambah Rio.

Baca Juga: Ada Pelek RCB Tipe 522 Untuk Motor Matic, Lebih Ringan Namun Kuat

Rio Tan juga mengatakan, untuk mempromosikan produk-produknya ia selalu mengikuti berbagai event, dan saat ini jika ada event balap atau pameran tidak akan ragu untuk ikut serta. "Kita tabrak aja sekarang, semua event kalau diadakan kita ikuti," terang Rio.