Baran Energy Luncurkan Motor Listrik Anubis Cruisercross, Setara Moge 600 Cc

Baran Energy Luncurkan Motor Listrik Anubis Cruisercross, Setara Moge 600 cc Foto : Rizky

Kabaroto.com – Baran Energy salah satu perusahaan baterai listrik ini telah meluncurkan produk motor listrik pertamanya yaitu Anubis Cruisercross.

Pihak Baran melakukan launching motor anyar mereka di Sirkuit Sentul, Bogor pada Senin (12/4). Motor listrik anyar ini digadang-gadang akan menjadi kendaraan listrik roda dua favorit untuk generasi milenial, karena tetap mengedepankan kenyamanan berkendara dan menunjang gaya hidup metropolitan.

Baca Juga : Ini Strategi Kymco Pasarkan Skuter Listrik Ionex

Baran Anubis Cruisecrosser First Edition

Victor Wirawan selaku CEO Baran Energy menyampaikan bahwa dengan peluncuran Anubis ini untuk memenuhi pasar motor listrik dan mendukung program pemerintah.

“Semangat inilah yang membuat kami memilih nama Anubis untuk motor listrik pertama kami," sahut Victor.

Karena Baran Energy melihat era kendaraan bermesin bahan bakar fosil tidak akan berlaku lama lagi. Dengan motor listrik ini, ingin menyampaikan semangat perubahan, transisi ke arah yang lebih baik dan transisi dari mesin bakar ke motor listrik.

"Semoga melalui Anubis kami dapat menularkan semangat perubahan ke arah yang lebih baik,” ungkapnya.

Baca Juga : Ini Yang Dilakukan Auto2000 Sosialisasikan Mobil Listrik Dan ESport

Selain itu, Ari Sigit Soeharto selaku Co-founder Baran Energy mengungkapkan bahwa kehadiran kendaraan listrik memang sudah masanya, mengingat semakin berkurangnya pasokan bahan bakar fosil.

“Hal itu seiring dengan tuntutan dan minat masyarakat yang semakin meningkat terhadap kendaraan listrik ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi,” ungkap Ari Sigit saat hari peluncuran.

Secara nama, Victor menjelaskan pemilihan Anubis terinspirasi dari nama dewa Mesir, yang memiliki spirit kesetiaan dan bisa mengantarkan ‘crossover’ ke tempat yang lebih baik. Secara tampilan, Anubis Cruisercross bertemakan motor listrik adventure futuristic yang sangat nyaman dikendarai.

Ban digerakan oleh belt

Motor listrik anyar ini dipersenjatai motor listrik bertenaga hingga 54 dk dengan torsi 92 Nm. Tenaga ini disambung ke transmisi clutchless direct drive ke roda melalui belt. Dari hasil tes, motor ini dapat melesat 0-100 kpj tuntas dalam 5,5 detik saja dan memiliki kecepatan maksimal 160 kpj (dibatasi). Hasil tersebut dapat diraih karena memiliki bobot hanya 173 kg.

Baca Juga : Target Pemerintah Produksi 600 Ribu Kendaraan Listrik Tahun 2030

Tampilan instrumen kluster Anubis Cruisercross

Motor listrik ini didukung oleh baterai berkapasitas 8,3 kWh dengan on board charger 1,3 kW sehingga dapat mengisi baterai penuh dalam waktu 6,6 jam dan bisa 1,9 jam jika menggunakan charger dengan kapasitas daya lebih besar. Dalam kondisi baterai full, motor ini dapat melaju sejauh 167 km.

Bicara soal harga, pihak Baran saat ini baru membuka pesanan. Dan, khusus untuk model dalam hari peluncuran dan test drive hari Senin ini merupakan varian First Edition yang hanya tersedia 50 unit saja dan diklaim menjadi collector item yang dibanderol Rp 300 juta off the road. Nantinya, akan hadir varian kedua setelah Anubis yang diperkirakan harganya Rp 150 juta off the road.