Baru Meluncur, Ini Dia Keunggulan BMW M2 Competition

Baru Meluncur, Ini Dia Keunggulan BMW M2 Competition BMW M2 Competition (KO/Edo)

KabarOto.com - BMW Indonesia baru saja meluncurkan produk teranyar mereka yang bermain di segmen sports car kompak, yakni All New BMW M2 Competition. Mobil dua pintu tersebut diklaim merupakan model BMW M paling agresif dikelasnya.

Secara desain, tampilan eksterior terlihat berbeda jika dibandingkan dengan M2 Coupe, di mana untuk M2 Competition memiliki garis-garis desain yang tampil lebih tajam.

Tampak depan dengan garis lebih tajam

Hal itu terlihat pada BMW M kidney grille baru dengan ukuran yang lebih besar dilapis dengan kelir hitam gloss, spion double bridge, tiga air intakes berukuran besar di bagian bumper, serta bagian fender yang sedikit lebih lebar.

Bagian interior bernuansa sporty

Masuk kedalam kabin, tak banyak mengalami ubahan berarti jika dibandingkan dengan saudara M2 Coupe. Pembedanya adalah steering wheel dengan sentuhan baru, tombol engine start/stop berwarna merah, M seat belts, dan sport seat dengan logo M2 illuminated.

Bagian paling menarik dari M2 Competition ada pada jantung penggeraknya. Pada varian terbaru ini, BMW menggunakan mesin bi-turbo enam silinder in-line dengan teknologi BMW M TwinPower Turbo.

Mesin bertenaga buas

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 410 dk diantara rentang putaran 5,250 dan 7,000 rpm. Sedangkan torsi puncak yang mampu dihasilkan mencapai 550 Nm diantara 2,350 dan 5,200 rpm. Tenaga yang cukup buas tersebut, merupakan sebuah lonjakan yang cukup signifikan sebesar 40 dk dan 50 Nm di banding BMW M2 Coupe.

Dengan mesin bertenaga buas tersebut, M2 Competition mampu melakukan sprint dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dalam waktu 4,2 detik untuk model yang mengunakan transmisi M DCT dan 4,4 detik untuk yang menggunakan gearbox manual 6 percepatan.

Diketahui, memang pabrikan asal Jerman itu menawarkan dua pilihan transmisi untuk Indonesia.

Transmisi manual 6 percepatan

Selanjutnya bila pedal gas terus diinjak lebih dalam, M2 Competition mampu berlari hingga kecepatan maksimal yang dibatasi secara elektronik di angka 250 kpj. Meski tenaganya besar, nyatanya BMW mengatakan bahwa M2 Competition cukup efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Baca Juga: Profil - BMW M2 Coupe Terbaru

Konsumsi bahan bakar pada transmisi 6-percepatan manual gearbox adalah 10,2km/l dengan emisi CO2 223g/km. Sementara untuk opsi transmisi M Double Clutch Transmission (M DCT) 7-percepatan, konsumsi bahan bakar menurun menjadi 11 km/l dan emisi CO2 207g/km.

Bagian belakang terdapat knalpot dengan flap khusus

Ada satu lagi yang menjadi ciri khas dari mobil-mobil M buatan BMW, yakni suara gahar yang menambah kesan sporty semakin terasa. Khusus pada BMW M2 Competition terbaru ini, menggunakan knalpot berdesain double twintail pipe dengan finishing krom hitam pada keempat ujungnya.

Knalpot ini telah dioptimalkan dengan sistem flap khusus dan dapat dikendalikan secara elektrik, sehingga mampu menghasilkan raungan khas BMW M atau bisa diatur menjadi lebih halus.

Baca Juga: Ini Yang Membuat BMW M2 Coupe Gampang Diajak Ngedrift

"Pembaharuan utama pada BMW M2 Competition terletak pada mesin baru dari kendaraan BMW M3/M4. Saya yakin All-new BMW M2 Competition merupakan kendaraan terkuat dalam segmen kendaraan sports kompak yang tidak hanya akan menarik perhatian penggemar BMW M, namun juga para penggemar sports car secara umum," ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Rencananya, All-new BMW M2 Competition baru akan tersedia di semua dealer resmi BMW M mulai dari Januari 2019 mendatang, dengan harga berkisar Rp 1,9 miliar.