POPULAR STORIES

Baru Saja Diluncurkan, Mercedes-Benz CLS Makin Canggih

Baru Saja diluncurkan, Mercedes-Benz CLS Makin Canggih Mercedes-Benz CLS (KO/Edo)

KabarOto - PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia semakin memantapkan posisinya di puncak segmen kendaraan premium dengan meluncurkan dua model terbaru untuk portofolio produknya. Yakni all-new A-Class dan all new CLS coupe, yang diluncurkan untuk pasar Indonesia di acara Star Arena yang berlangsung di Senayan City, Jakarta pekan lalu.

Kali ini Mercedes-Benz menghadirkan sedan mewah CLS, yang telah memasuki generasi ketiga. Serupa dengan model-model pendahulunya, the new CLS juga memiliki ciri khas gaya sporty khas sebuah mobil sport, namun tetap elegan layaknya sedan mewah.

“CLS merupakan salah satu sorotan pada portofolio produk Mercedes-Benz tahun ini. Dengan diluncurkannya CLS pertama kali di tahun 2003, Mercedes-Benz telah menciptakan segmen kendaraan baru yang untuk pertama kalinya memadukan keanggunan dan dinamisme sebuah coupe dengan kenyamanan dan keberagaman fungsi sebuah sedan,” kata Roelof Lamberts Presiden & CEO PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Silsilah Mobil Lamborghini Sekarang

Bagian depan CLS

Pada bagian eksteriornya, New CLS telah menggunakan bahasa desain terbaru Mercedes-Benz. Salah satunya yang terlihat jelas adanya pengurangan garis pada bodi. Tak hanya itu, CLS generasi ketiga ini juga memperkuat karakter sportinya melalui kontur gril yang melebar ke bawah mobil dan fascia yang lebih condong ke depan.

“The new CLS merupakan ikon desain yang menjadi pola dasar bagi coupe 4 pintu. Sejalan dengan filosofi desain kami yang mengedepankan kemurnian sensual, kami telah mengurangi DNA CLS demi meraih kemurnian yang nyata dan menambahkan nuansa keindahan elegan,” kata Roelof.

Di bagian CLS terdapat dua buah lampu utama yang lebih lebar dengan desain agresif. Lampu utama tersebut dilengkapi dengan teknologi ultra range high beam dan led multibeam, sehingga mampu menghasilkan intensitas cahaya yang lebih maksimal serta dapat memastikan tingkat kecerahan lampu utama tetap berada di atas 1 lux (sebagai nilai referensi) pada jarak lebih dari 650 meter.

Menggunakan badge CLS 350

Pada bagian belakang, terdapat stop lamp yang desainnya terbagi menjadi dua bagian. Pada lampu tersebut dilengkapi fitur edgelight backlighting, sehingga tampak menyerupai kristal serta menciptakan sebuah efek tiga dimensi. Selain itu, desain lampu belakang tersebut mencerminkan aura khas CLS generasi pertama, yang ikonik dan tak lekang oleh zaman.

Pada bagian dalam, terlihat mewah dan lega dengan kombinasi warna hitam. Tak hanya mewah, interior CLS juga terlihat sporty, kesan tersebut semakin diperkuat melalui kursi semi bucket yang dibuat secara khusus oleh para ahli di Mercedes-Benz.

Menggunakan sport seat

Penampilan sporty juga telihat pada bagian belakang, bentuk kursinya menyerupai bagian depan sehingga menciptakan nuansa single seat. Meskipun sebenarnya CLS Coupe adalah kendaraan yang memiliki 5 tempat duduk.

Jika diperlukan, sandaran punggung dapat dilipat ke bawah dengan rasio 40/20/40, sehingga memperluas kapasitas bagasi yang mampu memuat 520 liter dalam keadaan normal.

Bagian interior

Pada bagian dasbor, terdapat widescreen beresolusi tinggi, yang dilengkapi dua layar berukuran 12,3 inci yang ditempatkan di konsol tengah dengan material serat karbon. Dalam kokpit yang sepenuhnya digital ini, pengemudi dapat dengan mudah mengkonfigurasi konten informasi sesuai dengan kebutuhan dan situasi mengemudi.

Selain itu, di bagian interior juga terdapat ambience lighting, yang bisa diatur secara individual dengan 64 pilihan warna berbeda, yang juga meliputi pengaturan pencahayaan ventilasi udara.

Ketika pengaturan suhu pada sistem pendingin udara diubah, pencahayaan akan menyesuaikan diri secara singkat untuk menunjukkan apakah suhu menjadi lebih hangat (merah) atau lebih dingin (biru).

Baca Juga: Profil - BMW G310R

The new CLS diperkuat oleh mesin bensin empat silinder in-line terbaru berkapasitas 2.0 L. Mesin tersebut dilengkapi teknologi EQ Boost dan sistem listrik onboard 48 volt.

Hasilnya, CLS memiliki tenaga hingga 299 dk dan torsi sebesar 400 Nm. Motor listrik terintegrasi bernama EQ Boost ini, dapat memberikan tenaga tambahan sebesar 22 dk dan torsi 250 Nm.

Dengan tenaga sebesar itu, CLS dapat melakukan akselerasi dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dalam waktu 6 detik. Di Indonesia, CLS terbaru ini dijual dengan harga Rp 1.649.000.000,- off the road.