POPULAR STORIES

Bayar Tol Tanpa Sentuh Akan Diterapkan Akhir Tahun 2022

Bayar Tol Tanpa Sentuh akan Diterapkan Akhir Tahun 2022 Pintu Tol tahun depan tidak lagi menggunakan tap cash

KabarOto.com - Wacana pembayaran tol tanpa sentuh di Indonesia sudah bergulir sejak pertengahan tahun 2021 ini. Hal itu bukan rencana belaka, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pun targetkan sistem bayar tol nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) bisa terealisasi Desember 2022 mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Subbidang Operasi dan Pemeliharaan I BPJT Galuh Permana Waluyo dalam seminar virtual, Selasa (28/12/2021). "Target kami MLFF akan diimplementasikan mulai Desember 2022," terangnya.

Baca juga: Tahun Depan Bayar Tol Tidak Perlu Berhenti Dan Antri

Ia mengatakan, BPJT harap penerapan MLFF secara keseluruhan paling lambat September 2023. "Tahapan menuju penerapan MLFF ini dilakukan beberapa tahap, kita tidak akan langsung membuka seluruh gerbang tol," terangnya lagi.

Multi Lane Free Flow Sistem Multi Lane Free Flow (Foto Ilustrasi: autostradetech.it)

Namun, mereka akan mencoba untuk tetap menggunakan gerbang-gerbang tol yang sudah ada untuk digunakan sebagai transaksi free flow. "Biasa kita sebut Single Lane Free Flow (SLFF) untuk tahapan piloting-nya nanti," tambah dia.

Implementasi akan dilaksanakan secara bertahap, dimulai di ruas-ruas tol Jabodetabek. "Terkait berapa ruas tol yang akan diimplementasikan mungkin sampai saat ini kami masih melakukan exercise," terang Galuh lagi.

Hanya saja, menurut dia memang terdapat beberapa kriteria nanti yang nanti akan mereka terapkan, dengan pertimbangan beberapa hal. Kemungkinan pada tahap awal nanti kita akan coba lakukan yang paling mendekati kriteria adalah sekitar Jabodetabek," jelas Galuh lagi.

Baca juga: Polri Akan Luncurkan Smart SIM, Bisa Dipake Belanja Dan Bayar Tol

BPJT nantinya akan mengupdate lagi, saat masa sosialisasi yang berkaitan dengan ruas-ruas tol yang akan diimplementasikan sistem MLFF. Mereka ingin, nantinya pengguna tol di wilayah yang diterapkan, juga siap. Sehingga risiko pelanggaran semakin kecil.