POPULAR STORIES

Beberapa Faktor Penyebab Oli Mesin Berkurang Secara Drastis

Beberapa Faktor Penyebab Oli Mesin Berkurang Secara Drastis KO, Peugeot

KabarOto.com - Saat perjalanan jauh, contohnya mudik lebaran 2022, oli atau pelumas mesin mobil berkurang klaimnya adalah hal yang wajar terjadi. Namun patut diwaspadai, jika berkurang nya sangat berlebihan, hal ini rawan menimbulkan masalah pada kendaraan.

Pasalnya oli memiliki peran penting bagi kendaraan yaitu memberikan lapisan komponen saat bergesekan agar tidak cepat aus dan rusak. “Berkurangnya volume oli mesin karena pemakaian adalah wajar. Ada beberapa penyebab terjadinya pengurangan oli mesin saat digunakan yaitu oli mesin yang kualitas nya kurang bagus dan juga tidak sesuai,” ujar Samsudin selaku Aftersales Support PT Astra International Peugeot.

Baca juga: Terkena Macet Viral Di Puncak? Cek Oli Mesin Yang Menguap

Menurutnya, oli mesin yang bagus dan sesuai akan mengurangi penguapan oli saat digunakan, sehingga pengurangan oli yang berlebihan atau dalam jumlah besar bisa diatasi.

Tak hanya kualitas dan kesesuaian oli mesin, hal lain yang menjadi penyebab terjadinya pengurangan oli secara berlebihan adalah adanya kebocoran oli dari seal atau packing yang terdapat di mesin kendaraan. Ini penting untuk diperhatikan apalagi jika kebocoran oli sudah sangat parah.

Penyebab oli mesin berkurang secara berlebihan adalah ring piston dan seal klep yang sudah mulai rusak sehingga oli mesin ikut terbakar, juga adanya kerusakan seperti goresan pada dinding silinder mesin yang membuat oli mesin berkurang.

Baca juga: Begini Penjelasan Jenis Aditif Oli Mesin

Walaupun tidak mengeluarkan asap putih pada knalpot, namun ini sangat perlu diperhatikan sebagai gejala ringan adanya kebocoran oli pada ruang bakar yang disebabkan oleh komponen tersebut. Jika sudah parah kerusakannya mungkin akan ada asap putih yang keluar dari knalpot.

“Sangat penting untuk memeriksa level oli setiap mobil akan digunakan agar terhindar dari kerusakan mesin yang lebih parah. Jika sudah ada indikasi berkurangnya oli mesin yang sangat berlebihan, segera konsultasikan ke bengkel resmi,” imbuhnya.