Beberapa Negara Eropa Mulai Batasi Mobilisasi Mobil Bermesin Bensin

Beberapa Negara Eropa Mulai Batasi Mobilisasi Mobil Bermesin Bensin

KabarOto.com – Mobil bermesin bensin menjadi salah satu faktor yang menyebabkan polusi udara. Beberapa negara di Eropa sudah membatasi mobilisasi kendaraan dengan emisi gas buang yang tinggi.

Salah satu Negara yang melakukan hal tersebut adalah Barcelona, Spanyol. Di mana, pemerintahannya sudah membatasi mobilisasi mobil tua di jalan raya pada hari kerja dari pukul 7 pagi hingga 8 malam.

Baca Juga : Kematian Akibat Polusi Udara Di Indonesia Mencapai 9.000 Jiwa

Pembatasan tersebut berlaku juga untuk skuter dan moped yang diproduksi tahun 2002 atau lebih tua, mobil bensin berumur 20 tahun dan mobil solar berumur 14 tahun. Selain itu, untuk bus dan truk juga akan mulai dibatasi pada tahun ini.

Untuk pembatasan mobilisasi ini, Pemerintah Spanyol sudah membatasi area seluas 95 kilometer persegi di kota Barcelona.

Baca Juga : PSBB Resmi Berlaku, Udara Di Jakarta Bebas Polusi

Selain Spanyol, Belanda juga sudah berencana untuk melakukan hal yang sama mulai tahun 2030. Di mana, kendaraan yang dibatasi adalah sepeda motor, mobil, bus, taksi, dan van.

Sementara itu, Italia melakukan pembatasan ini di 200 kota, termasuk Ibu Kota Roma yang memiliki peraturan model berjenjang dan hanya sepeda motor dengan spesifikasi Euro 2 dan Euro 3 yang boleh beroperasi di dalam kota.