POPULAR STORIES

Bedah Desain Suzuki Burgman Street 125EX, Dipasarkan Global Dan Terlahir Di India

Bedah Desain Suzuki Burgman Street 125EX, Dipasarkan Global Dan Terlahir di India Matsuzawa Shuji, Suzuki Motor Corporation Designer of Burgman Street 125EX (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Suzuki Burgman Street 125EX dipasarkan secara global dan didesain langsung oleh tim desainer Suzuki Motor Corporation (SMC) Jepang.

Skutik ini diyakini cocok dengan minat masyarakat di berbagai negara, sebab dilengkapi dengan fitur-fitur yang menunjang mobilitas keseharian masyarakat dan menjadi produk pertama yang dibekali mesin Suzuki Eco Performance Alpha (SEP-a) di Indonesia.

Mengusung konsep desain “Unassuming Elegance” yang mengacu pada kemewahan dan kecanggihan

Bicara soal desain, ide dasar dari Burgman Street 125EX adalah menghadirkan kendaraan yang mewah, stylish dan tetap mengutamakan utilitas serta bermesin efisien, sehingga dapat digunakan diberbagai negara dengan karakter kebutuhan pengendara yang beragam.

Mengusung konsep desain “Unassuming Elegance” yang mengacu pada kemewahan dan kecanggihan pada skutik 125cc, Burgman Street 125EX yang berdimensi panjang 1.875 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.140 mm ini mengedepankan garis tampilan yang elegan.

Baca Juga: Suzuki E-Burgman Sudah Diperkenalkan, Kapan Ke Indonesia?

Spidometer menggunakan model digital

Matsuzawa Shuji, Suzuki Motor Corporation Designer of Burgman Street 125EX mengatakan bahwa skutik ini dirancang dan didesain sedemikian rupa untuk menunjang kemudahan, kenyamanan, serta keamanan berkendara.

"Kami memadukan garis desain yang elegan dengan kekayaan konsep pada bodi motor dengan berbagai fitur untuk mengoptimalkan pengalaman berkendara penuh gaya,” terang Matsuzawa.

Menurutnya, motor rancangannya ini memiliki kelebihan dari keseluruhan desain sepeda motor yang elegan dengan garis dynamic body cenderung melengkung menambahkan kesan mewah untuk menyasar gaya urban.

Kompartemen bagian depan ada yang terbuka dan tertutup

Desain ini juga dituangkan ke bodi dan rangka motor ringan serta rigid, sehingga dapat mengurangi berat kendaraan guna meningkatkan kenyamanan dan kelincahan saat bermanuver.

Penggunaan ban depan ukuran 90/90 dan ban belakang 100/80 dengan pelek 12 inci cast aluminium dikombinasikan dengan jarak sumbu roda panjang dapat meningkatkan efisiensi sekaligus memberikan stabilitas lebih baik secara bersamaan ketika dikendarai di jalanan lurus, berkelok, maupun kondisi jalan yang kurang nyaman.

Joknya berukuran panjang, nyaman untuk berboncengan

Baca Juga: PT SIS Klaim Stok Suzuki Jimny 5 Pintu Aman Untuk Konsumen Di Indonesia

Suzuki Burgman Street 125EX memiliki ketinggian jok, floorboard, dan footboards yang sesuai dengan berbagai tipe tubuh, termasuk untuk masyarakat Indonesia pada umumnya, agar dapat memberikan kenyamanan saat berkendara, bahkan jika harus digunakan saat perjalanan jarak jauh.

Floorboard proporsional memungkinkan fleksibilitas terhadap posisi kaki untuk mempertahankan posisi berkendara yang nyaman, dengan desain cut-away pada bagian belakang bertujuan memudahkan untuk naik dan turun dari sepeda motor.

Lampu depan dan belakang menggunakan LED

Kompartemen depan sisi kiri tertutup, cukup besar untuk menampung barang pengendara seperti smartphone dan dilengkapi kontak USB 2A untuk mengisi daya smartphone. Menambahkan kompartemen tersebut, terdapat juga kompartemen terbuka di sisi kanan depan yang cukup besar untuk menyimpan barang lainnya yang tidak membahayakan perjalanan. Selain itu, di bawah jok terdapat ruang bagasi berkapasitas 21,5 liter yang dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang.

Penggunaan LED untuk lampu depan dan belakang, ringkas, dan tahan lama, didesain menempati proporsional posisi rendah pada penutup depan dan menampilkan desain lensa terpisah. Suzuki juga menyematkan desain knalpot yang dengan garis-garis tajam meningkatkan tampilan kualitasnya yang stylish, dengan desain memungkinkan roda belakang dilepas dengan knalpot terpasang, sehingga memudahkan ketika sepeda motor akan diservis.