POPULAR STORIES

Bedah Fitur All New Toyota Yaris Cross

Bedah Fitur All New Toyota Yaris Cross All New Toyota Yaris Cross ditawarkan dalam dua varian, bensin dan hybrid (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - All New Toyota Yaris Cross meluncur di Indonesia, setelah diperkenalkan terlebih dahulu di Jepang dan Eropa. Soal fitur, masing-masing model yang dipasarkan di tiga negara tersebut, memiliki perbedaan.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengungkapkan bahwa, "Model dipasarkan di Indonesia, Jepang dan Eropa masing-masing berbeda. Itu sebabnya kami menyebutnya world premiere."

Sebagai informasi, Toyota Yaris Cross yang dipasarkan di Jepang menggunakan platform TNGA (GA-B), sedangkan versi Indonesia menggunakan platform DNGA.

Baca Juga: Profil Toyota Agya Slalom Gazoo Racing Indonesia

Varian bensin mesin berkode 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc bertenaga 104 dk dan torsi 138 Nm.

Soal performa, di Jepang, Toyota Yaris Cross dibekali mesin 3 silinder bensin Dynamic Force Engine berkode M15A-FKS berkapasitas 1.500 cc dengan transmisi direct shift CVT. Versi hybrid menggunakan sistem Toyota Hybrid System ll. Varian bensin menggunakan penggerak roda depan dan seluruh roda. Sedangkan varian hybrid menggunakan opsi FWD dan E-Four atau electric four wheel drive.

Untuk yang dipasarkan di Indonesia menggunakan mesin 4 silinder DOHC berkode 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc bertenaga 104 dk dan torsi 138 Nm. Varian bensin menggunakan transmisi manual dan CVT.

Varian hybrid-nya menggunakan mesin bensin yang sama namun tambahan teknologi hybrid, mesin tersebut berkode 2NR-VEX, sanggup memuntahkan tenaga maksimal 89 dk dan torsi 121 Nm. Dengan tambahan baterai lithium ion, di mana motor listriknya menghasilkan tenaga 79 dk dan 141 Nm. Transmisinya hanya ada pilihan CVT.

Baca juga: TKDN All New Toyota Yaris Cross Diklaim Mencapai 80 Persen

Area kabin dibekali banyak fitur canggih

Kabin All-New Yaris Cross terasa roomy dan sporty, dengan panel soft dashboard yang lebar sehingga terkesan mewah. Kesan lapang diperkuat dengan panoramic glass roof with power sunshade. Kokpit driver-oriented fokus pada spidometer TFT 7 inch digital yang dapat dikostumisasi dan menonjolkan kesan sporty, dipadukan dengan black piano finish serta bahan lembut dan ornamen berlapis satin untuk menciptakan nuansa canggih dan berkualitas tinggi.

Versi hybrid terdapat jahitan jok sulaman benang warna biru yang sporty. Opsi jok terdapat bahan fabric dan kulit sintesis. Menariknya Yaris Cross punya fitur Electric Seat Adjuster pada jok pengemudi, yang diklaim juga pertama di kelasnya.

Soal keselamatan, All New Toyota Yaris Cross dibekali fitur electric parking brake (EPB) with auto brake hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, parking sensor, emergency stop signal, hill start assist (HSA), vehicle stability control (VSC), rear cross traffic alert (RCTA), dan blind spot monitor (BSM).