POPULAR STORIES

Bedah Teknologi Terbaru Honda CBR 1000RR-R Fireblade SP Yang Mejeng Di IIMS Hybrid 2022

Bedah Teknologi Terbaru Honda CBR 1000RR-R Fireblade SP yang Mejeng di IIMS Hybrid 2022 Kipli, AHM

KabarOto.com - Honda CBR 1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Motor tersebut langsung dipinang oleh Arya Seta dari Toko Moge Indonesia di hari yang sama. Motor tersebut diklaim laku dengan banderol Rp 1,058 miliar on the road DKI Jakarta.

Ada beberapa teknologi terbaru yang diusung oleh superbike Honda tersebut, contohnya memindahkan starter clutch dari ujung kanan crankshaft ke belakang clutch house, yang diklaim agar putaran mesin meningkat dan menekan crankshaft runout serta tata letak yang lebih compact.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengamini hal tersebut saat melakukan konferensi pers dengan awak media (06/04). Dirinya menjelaskan beberapa teknologi lain yang menjadi kelebihan moge tipe sport tersebut.

Baca Juga: Honda CBR1000RR-R SP Fireblade Berbanderol Rp1 Miliar Langsung Ditebus Di IIMS 2022

"Mesinnya juga sudah mengusung Euro-5, hal ini juga berguna untuk mengurangi misfire rate dengan mereduksi volume intake port. Penampilan mesinnya juga lebih ringkas dengan built-in bottom bypass di silinder blok yang dianggap tak lagi diperlukan," jelasnya.

Endro mengatakan, crankshaft juga diperkuat agar putaran dan tenaga mesin lebih tinggi. Diameter crank journal meningkat dari 34 mm menjadi 39 mm, dinding crankcase juga dipertebal untuk mendukung kinerja tersebut sekaligus mengurangi defleksi. Misfire detection juga mendeteksi perubahan kecepatan sudut cranshaft dengan mempersempit crank pulser atau reluctor.

Adapun pendingin piston atau multi-point cooling jets untuk kontrol peningkatan suhu dengan output yang lebih tinggi. Suplai udara juga direvisi dengan model baru pada sistem air intake yang diposisikan di tengah dan lebih luas, sehingga udara segar dialirkan langsung ke air cleaner box lebih banyak.

Baca Juga: Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Kena Recall, Apa Penyebabnya?

"Bagian sasisnya yang menggunakan Unit Pro Link juga direvisi, sehingga kontak bagian ban belakang dengan tanah lebih meningkat dan berpengaruh ke steering head pipe yang ditekan untuk mendapatkan stabilitas lebih baik pada kecepatan tinggi," bebernya.

Rem depannya kini menggunakan disc dari Yutaka yang ditingkatkan dari diameter 320 mm menjadi 330 mm dengan ketebalan yang juga ditingkatkan dari 4,5 mm menjadi 5 mm. Sedangkan pengereman belakangnya menggunakan diameter 220 mm dari Yutaka dengan kaliper 2 piston dari Brembo.

"Tak kalah penting, sektor pendingin pelumas atau oil cooler juga berubah dari water-cooled oil cooler menjadi air-cooled oil cooler. Hal tersebut dilakukan karena ada kenaikan suhu oli dari peningkatan tenaga dan putaran mesin terbaru motor ini," tutupnya.