Begini Cara Agar Mobil Matik Tetap Bisa Didorong Sewaktu Parkir Paralel

Begini Cara Agar Mobil Matik Tetap Bisa Didorong Sewaktu Parkir Paralel Peugeot

KabarOto.com - Keterbatasan lahan parkir yang tersedia sehingga kita terpaksa melakukan parkir paralel, artinya mobil diparkirkan secara sejajar dengan kendaraan lainnya di bagian depan dan belakang.

Kondisi parkir paralel tersebut juga terkadang mengharuskan kendaraan dalam kondisi dapat didorong secara manual (roda tidak terkunci). Pemilik mobil bertransmisi otomatis sebaiknya memahami cara untuk melepaskan parking brake di kendaraannya.

“Kebanyakan kendaraan bertransmisi otomatis sudah menggunakan teknologi yang ketika mesin dimatikan, tuas transmisi berada pada posisi ‘P’ dan secara otomatis akan mengaktifkan electric parking brake. Alhasil, roda mobil akan terkunci dan mobil tidak dapat didorong. Hal ini akan mengganggu orang lain yang ingin mengeluarkan kendaraan jika posisinya terhalangi mobil tersebut,” terang Samsudin, selaku Aftersales Support PT Astra International Peugeot.

Baca Juga: Jajal Fitur Parkir Otonom BMW 530i M Sport

Langkah yang harus dilakukan setelah mobil berada pada posisi parkir pararel adalah, pindahkan gear shift ke posisi ‘N’ sambil menginjak pedal rem saat mesin masih hidup dan matikan mesin. Kemudian dengan segera nyalakan sistem elektrikal (Switch ON) dengan menekan tombol ‘Start & stop’ tanpa menginjak pedal rem.

Langkah berikutnya adalah mendorong tuas transmisi ke arah depan sambil menginjak pedal rem; hal ini akan memungkinkan pengemudi mematikan ‘Electric Parking Brake’ secara manual. Selanjutnya tuas transmisi sudah dapat dilepas, pengemudi hanya perlu kembali menekan tombol ‘Start & stop’ untuk kembali mematikan sistem elektrikal kendaraan.

Baca Juga: Parkir Belasan Mobil Mewah Bikin "Julid" Tetangga

“Setelah melakukan langkah-langkah tersebut itu biasanya akan muncul pesan pada instrumen panel juga suara atau alarm untuk mengaktifkan Electric Parking Brake. Pesan tersebut dapat diabaikan dan roda mobil sudah dalam keadaan tidak terkunci,” tambahnya.

Setelah itu, pengemudi dapat meninggalkan kendaraannya dengan mengunci pintu seperti biasa. Dengan cara ini, maka mobil dapat didorong saat terparkir.