POPULAR STORIES

Begini Cara Bengkel Resmi Layani Konsumen Saat PPKM Darurat

Begini Cara Bengkel Resmi Layani Konsumen Saat PPKM Darurat Bengkel resmi Daihatsu

KabarOto.com - Dalam rangka menurunkan penyebaran Covid-19 yang semakin marak, Pemerintah memberlakukan PPKM Darurat di wilayah Jawa dan Bali, pada 3 sampai 20 Juli 2021. Seluruh kegiatan di luar sektor essensial dan kritikal tidak boleh dijalankan.

Lalu bagaimana dengan otomotif, khususnya bengkel yang mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam merawat kendaraannya?

Division Head Marketing & Customer Relation, Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, layanan di bengkel resmi Daihatsu dibatasi hanya 25%. "Ini dilakukan demi menjaga protokol kesehatan yang ketat," jelasnya, beberapa waktu lelau kepada KabarOto.

Baca juga: Dukung PPKM Darurat, Daihatsu Tutup Aktivitas Diler

Daihatsu tawarkan Laayanan Home Servis

Dengan penerapan tersebut, sudah pasti menurut Hendrayadi konsumen yang datang ke bengkel juga sangat menurun. Dia menyarankan, konsumen yang ingin melakukan perawatan mobil melakukan boking servis terlebih dahulu. "Agar dipastikan dapat langsung terlayani dengan baik, aman dan nyaman," tambahnya.

Pria berkacamata ini menyatakan, untuk suku cadang tidak ada masalah, karena Daihatsu masih dapat mensupply ke bengkel-bengkel resmi sesuai kebutuhannya. Konsumen yang ingin membeli suku cadang disarankan oleh dia untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu. Pemesanan bisa dilakukan melalui telepon dan website www.astra-daihatsu.id.

Dalam masa pembatasan mobilitas seperti sekarang ini, konsumen dapat juga memanfaatkan layanan Daihatsu Mobile Service (DMS), yaitu layanan servis di tempat tinggal atau kantor. "DMS dapat melayani perawatan berkala atau reguler service maintenance serta perbaikan ringan," tambah Hendrayadi.

Petugas DMS telah mematuhi prokes yang ketat, sehingga konsumen tetap merasa aman. Namun mengingat situasi mobilitas yang cukup ketat saat, maka petugas DMS akan memastikan terlebih dahulu ke konsumen, apakah akan mendapatkan ijin atau tidak, jika petugas mendatangi dan mengerjakan perawatan rumah mereka.

Sementara itu, Auto2000 diler dan bengkel resmi Toyota juga memberlakukan kapasitas bengkel hanya 25%. Customer Satisfaction and Marketing Communication Department Head PT Astra International Tbk–Toyota Indonesia Cahaya Fitri Tantriani menyatakan, pelanggan yang ingin merawat kendaraannya harus melakukan booking lebih dahulu.

Baca juga: Begini Cara Kerja Polri Di Titik Penyekatan PPKM Darurat

Layanan Home servis Auto2000

Booking servis ini agar tidak terjadi penumpukan di bengkel, Auto2000 akan mengatur ritme dan jumlah pelanggan yang datang setiap hari, sehingga tidak ada penumpukkan datang secara bersamaan.

Saat booking nanti konsumen bisa berkonsultasi dengan petugas, dan jika kira-kira bisa dilakukan servis di rumah tidak harus ke bengkel. Tapi jikaparah, mungkin harus ke bengkel," terangnya.

Wanita yang kerap disapa Tantri ini menyarankan, konsumen menggunakan layanan Toyota Home Servis (THS) Auto2000. "Konsumen bisa servis kendaraan di rumah," tambahnya.