Begini Cara BMW Astra Dapatkan Mobil Bekas Untuk Dijual

Begini Cara BMW Astra Dapatkan Mobil Bekas untuk Dijual Diler mobil bekas BMW Astra

KabarOto.com - Pandemik Covid-19 membuat perekonomian Indonesia menurun. Industri otomotif menjadi salah satu yang terdampak. Lalu bagaimana dengan penjualan mobil bekas premium, pada tahun 2020 sampai 2021 saat Covid-19 mencapai puncaknya?

BMW Astra mengakui, penjualan mobil bekas mereka tak terdampak kondisi ini, pasalnya, konsumen mereka yang yang berasal dari ekonomi menengah ke atas tetap mencari mobil impiannya.

Baca juga: Permintaan Mobil Bekas Premium Tinggi, BMW Astra Used Car Hadir Di Serpong

Hal itu dikatakan Fredy Handjaja selaku Chief Executive Officer PT. Astra International - BMW Sales Operation. Menurutnya penjualan BMW seken tahun tumbuh 17 persen jika dibandingkan 2020.

Tahun 2022 ini, ketika mereka mulai membuka diler mobil bekas premium, diprediksi akan meningkat dibanding tahun lalu. “Jujur saya katakan, untuk bisnis BMW used car saat pandemik ini, kami tidak mengalami kendala cukup berarti," ujar Fredy Handjaja, di kawasan Serpong, Tangerang, Senin kemarin (07/02).

Hal itu dikarena supply untuk mobil baru BMW terbatas, sehingga konsumen ingin mendapatkan mobil dalam waktu singkat. "Sehingga yang ingin cepat mendapatkan unit otomatis beralih ke used car,” tambah Fredy Handjaja.

Keseriusan mereka menjual mobil seken dibuktikan dengan membuka dua diler sekaligus di awal tahun ini, di kawasan Sunter, Jakarta Utara dan Serpong, Tangerang. Biasanya, menurut dia yang datang kadang konsumen yang mampu membeli mobil baru.

Sementara menurut Terry selaku Operation Manager BMW Astra Used Car menjelaskan bahwa mereka prinsipnya lebih kepada realistis, value for money. Terkadang ini menjadi salah satu alternatif juga bagi pelanggan BMW.

Baca juga: BMW Astra Yakin, Penjualan Mobil Bekas Meningkat Tahun Ini

BMW Astra Used Car menawarkan mobil bekas dengan usia tiga sampai tujuh tahun. Kendaraan yang dijual memiliki rekam jejak servis di bengkel resmi, serta mendapatkan sertifikasi BMW Premium Selection.

Lalu darimana diler ini mendapatkan mobil bekas?

Stok yang ada di sini didapat dari konsumen yang melakukan pembelian mobil BMW baru, dengan cara tukar-tambah, “Ketika mereka mau beli mobil baru dengan trade in, mobil BMW bekasnya menjadi sourcing bagi kami," tambah Terry.

Selain itu, terdapat juga unit-unit mobil demo dan mobil perusahaan. "Kami juga punya para appraisal yang bertugas menilai serta membeli mobil-mobil BMW yang ada di luar,” tutup Fredy Handjaja.