POPULAR STORIES

Begini Cara Daihatsu Pertahankan Posisi 3 Besar Sebagai Merek Mobil Terlaris

Begini Cara Daihatsu Pertahankan Posisi 3 Besar Sebagai Merek Mobil Terlaris Daihatsu Xenia jadi mobil unggulan ADM

KabarOto.com - Industri otomotif tidak hanya berbicara tentang jualan produk, target yang harus dicapai, tapi juga layanan purna jual harus diperhatikan. Karena akan percuma, menjual mobil tanpa ada layanan bengkel dan suku cadang untuk mendukung konsumen merawat mobilnya.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memiliki dua hal itu, produk dan layanan purna jual. Sehingga, ADM mampu menjadi Agen Pemegang merek (APM) bertahan di posisi kedua, untuk penjualan terbanyak.

Baca Juga: Bisa Tukar Tambah Atau Beli Mobil Baru Di Virtual Daihatsu Festival

Hal itu ditegaskan oleh Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director ADM, Amelia Tjandra. Menurut dia, untuk bisa sukses bermain di pasar otomotif, teknik seperti pelari marathon harus diterapkan oleh perusahaan.

“Industri otomotif bukan pelari sprint, tapi maraton. Butuh stamina dan banyak persiapan, supaya bisa bertahan,” papar Amel saat jumpa pers virtual, beberapa waktu lalu.

Wanita ramah ini juga menuturkan, hal lain yang membuat mereka bisa bertahan adalah membuat produk (Mobil) yang ideal untuk masyarakat Indonesia. Itu menjadi kunci menjadikan Daihatsu masuk ke dalam 3 merek terlaris.

“Kami punya produk yang disesuaikan dengan kondisi Indonesia. Selain itu juga punya bagian riset dan pengembangan," tambah Amelia. Kalau sebuah produk tidak bisa melewati kondisi jalan di Indonesia, menurut dia, konsumen tidak akan membeli.

Satu lagi yang membuat Daihatsu tetap bertahan dan digambarkan oleh dia, adalah menerapkan prinsip penjualan seperti restoran cepat saji, dengan standar tertentu.

Baca Juga: Daihatsu Tanggapi Relaksasi Pajak 0 Persen Yang Ditolak Menkeu

“Kami siapkan standar pelayanan sama di mana pun," terangnya. Misalnya, beli Daihatsu di Makassar pelayanan sama dengan di Jakarta. "Mirip di restoran cepat saji, ada standarnya berapa menit gitu,” tambah Amel.