Begini Cara Kerja Reverse Assist Pada BMW R18

Begini Cara Kerja Reverse Assist Pada BMW R18

KabarOto.com – BMW baru saja memperkenalkan varian heritage dari line-up penjualannya yakni BMW R18. Sebuah motor bergaya klasik, namun BMW Motorrad tetap menyematkan fitur modern di dalamnya.

Salah satu fitur paling penting ialah Reverse Assist, apa itu dan bagaimana cara kerja dari fitur tersebut? Ini penjelasannya.

Baca juga: BMW C 400 X Dan C 400 GT, Kejar Tekan Emisi

Karena bobotnya cukup berat yakni sekitar 345 kg, pastinya akan sangat sulit untuk memundurkan motor ini ketika diparkir. Oleh karena itu, BMW menyematkan fitur bernama Reverse Assist yang berguna ketika pemilik ingin memundurkan tunggangannya tersebut.

Product & Ordering Manager BMW Motorrad Indonesia-Maxindo, Ardhi Putra menjelaskan, “Fitur ini tidak berkaitan dengan transmisi, tapi berkaitan dengan motor starter. Sehingga saat dioperasikan tuas gas tidak ada berpengaruh."

Ardhi Putra pun menambahkan, cara pengoprasiannya cukup mudah. Pertama, pastikan motor menyala saat pengoprasiannya. Lalu ada tuas di bagian kiri motor, tinggal arahkan kebawah. Dan bukan menggunakan tuas gas, namun tinggal memencet tombol starter, maka motor akan mundur secara konstan.

Baca juga: BMW R18 Classic, Lebih Mahal Rp100 Jutaan

Fitur ini sudah tersedia di dua varian motor BMW yakni R18 baik First Edition ataupun Classic, dan K 1600 B. “Memang fitur ini sangat memudahkan sekali, apalagi untuk bobot motor 300 kg lebih,” tutupnya.