Begini Cara Kerja Transmisi D-CVT Pada Mobil Daihatsu

Begini Cara Kerja Transmisi D-CVT Pada Mobil Daihatsu Workshop transmisi New D-CVT (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar Sharing Technology & Tips seputar transmisi New D-CVT pada mobil Daihatsu, Selasa (19/7).

“Kami berharap, Workshop kali ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang komponen, mekanisme kerja, perawatan, termasuk tips dan trick dalam penggunaan transmisi D-CVT agar kendaraan tetap dalam kondisi nyaman dan optimal," kata Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sebagai informasi, transmisi merupakan salah satu bagian penting dari mobil yang berfungsi untuk meningkatkan torsi ataupun kecepatan, sehingga dapat menyesuaikan dimanapun mobil dikendarai.

Baca juga: Penjualan Daihatsu Semester Pertama Mencapai 90 Ribu Unit, Sigra Sumbang 22 Ribuan

All New Daihatsu Xenia

Secara umum, transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) diklaim memiliki keunggulan lebih halus ketika berpindah gigi dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Teknologi ini terbilang baru di Indonesia dan sudah diaplikasikan pada Daihatsu Rocky, All New Xenia dan New Sirion.

Tipe transmisi ini memiliki mekanisme kerja dengan belt seperti CVT konvensional lainya, tetapi yang berbeda pada transmisi ini adalah dikombinasikan dengan split gear yang merupakan keunggulan dari sistem transmisi D-CVT, di mana pada saat kecepatan tinggi perpindahan tenaga berpindah dari belt ke split gear sehingga akselerasi mobil dapat maksimal dan dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

Baca juga: New Daihatsu Sigra Diperkenalkan, Simak Ubahan Dan Harganya

Transmisi D-CVT

Penggunaan transmisi ini juga tidak jauh berbeda dengan transmisi Automatic pada umumnya, yaitu mengoperasikan tuas transmisi pada posisi D (drive) pada saat berkendara, R (reverse) pada saat mundur, dan pada transmisi ini dibekali dengan posisi S (sport) yang berfungsi untuk mendapatkan akselerasi lebih tinggi, juga posisi M (manual) yang memungkinkan pengemudi dapat merasakan sensasi memindahkan gigi secara manual, bahkan di model New Sirion dilengkapi dengan posisi B (brake) untuk memaksimalkan engine brake ketika turunan.

Dalam hal perawatan transmisi D-CVT juga terbilang mudah, cukup 2 hal yang harus di pastikan, yakni melakukan pengecekan volume dan kualitas olinya secara berkala. Dimana pengecekan dilakukan setiap 20.000KM/12 bulan dan penggantian Oli setiap 80.000KM/48 bulan mana yang tercapai terlebih dahulu.