Begini Cara Mencuci Mobil Sendiri Saat Musim Hujan

Begini Cara Mencuci Mobil Sendiri Saat Musim Hujan Foto : Deddy / KO

KabarOto.com – Musim hujan sudah tiba, pastinya sangat kesal rasanya ketika sedang asyik menuju suatu tempat tiba-tiba hujan deras, atau hujan kecil sebentar yang hanya membuat kotor mobil saja, padahal mobil baru dicuci.

Oleh karena itu, para pemilik harus selalu mengeringkan kembali sisa air hujan supaya bodi dan kaca tidak berjamur karena air hujan menjadi kerak. Bisa dilakukan sendiri atau salon mobil, tetapi kalau memgerjakan sendiri di rumah jangan asal lap dan keringkan loh sob, karena akan berakibat menimbulkan baret halus pada bodi.

Bilas mobil dengan air bertekanan.

“Sebaiknya jangan langsung dilap, karena kita tidak tahu didalam kandungan air hujan itu sudah tercampur debu atau batu kecil didalamnya. Jika dilap langsung dikhawatirkan debu dalam air hujan dapat membaret bodi mobil secara halus, maka timbul namanya swirl atau lecet seperti sarang laba-laba” ujar Nugroho selaku Supervisor PPS Autoshine.

Baca Juga : Potensi Sarang Penyakit, Yuk Sayangi Kabin Mobilmu Sendiri!

Cara terbaik untuk mencuci mobil sendiri sebaiknya disiram air bersih bertekanan terlebih dulu, supaya bekas air hujan dan sisa debu menempel bisa turun. Lalu setelah itu baru boleh dilakukan pengeringan menggunakan plas chamois atau lap microfiber.

Gunakan alat usap seperti spon atau microfiber, lalu pakai sabun/shampoo mobil ph balance.

Begitu juga saat mencuci mobil sendiri, ada cara yang membantu mencegah terjadinya baret halus. “Lakukan pembilasan dulu dari debu dan kotoran menempel dengan air bertekanan. Lalu pakai sabun khusus mobil dengan ph balance, jangan pakai sabun cuci piring dan sebagainya karena justru bisa merusak warna mobil,” lanjut pria ramah itu.

Baca Juga : Mau Wiper Honda Brio Ganteng Dan Fungsional Di Musim Hujan? Simak Langkahnya

Shampoo mobil juga harus diperhatikan, ada yang biasa dan berikut kandungan wax. “Sebaiknya kalau cuci sendiri gunakan yang bahan shampoo biasa. Sebab kalau ada kandungan wax harus langsung dibilas, jika tidak maka akan timbul bekas wax-nya ketika mengering. Lalu untuk alat usap bisa pakai spons cuci mobil atau lap microfiber supaya sisa kotoran tersapu bersih,” jelasnya pada tim KabarOto.

Setelah dibilas bersih dari sabun, keringkan menggunakan plas chamois atau microfiber.

Setelah semuanya sudah dibilas bersih, keringkan deh dengan plas chamois, atau bisa juga dengan lap water magnet dan sebagainya, yang terpenting pastikan lap pengering bersih dan tidak ada kotoran seperti batu kecil tersangkut. Karena bisa menimbulkan baret ketika diusap ke bodi.

Sebagai finishing jika tetap mau memakai wax, bisa gunakan wax cair atau kering yang banya dipasaran. Atau kalau mau produk lain juga boleh, seperti sealant, dressing dan sebagainya karena sekarang sangat banyak cairan coating mobil berbagai bahan yang fungsinya sama yaitu melindungi bodi mobil.

Kira-kira seperti itu tips dari KabarOto, makanya kalau musim hujan begini kalian juga bisa hemat dengan mencuci mobil sendiri di rumah sob.