POPULAR STORIES

Begini Cara Menyalakan Mobil Saat Keyless Habis Baterai

Begini Cara Menyalakan Mobil Saat Keyless Habis Baterai Start Stop Engine (Deddy/Kabaroto)

KabarOto.com – Mungkin kalau mobil kita menggunakan kunci model fisik, bukan masalah besar bila tiba-tiba baterai remot kunci kita habis. Sebab untuk sekadar membuka dan menyalakan mobil dapat dilakukan secara manual.

Namun bagaimana jika mobil menggunakan model keyless? Tentunya kita tidak akan bisa menyalakan mobil secara manual karena tidak ada lubang kuncinya. Nah soal masalah itu, begini jawabannya Sob!

Model keyless tidak memiliki kunci fisik.

Ternyata walau baterai keyless habis, kita tetap bisa loh menyalakan mobil secara darurat. Keyless memiliki perangkat elektronik RFID (Radio Frequency Identification) sehingga tidak masalah bila tidak menyala, sebab ada chip di dalamnya yang membaca sensor.

Baca Juga : Mesin Mobil Loyo? Simak Cara Deteksi Masalahnya Berikut Ini

“Keyless itu prinsipnya ada sensor di dalam mobil yang bisa mendeteksi kunci, jadi kalau kunci berada di dalam mobil maka mobil bisa menyala. Nah kalau misalnya baterai habis, itu di dalam keyless ada chip darurat sehingga tinggal didekatkan ke tombol start/stop maka mobil dapat dinyalakan lagi,” jelas Raymond Lie owner dari Komandan Key.

Cara ini bisa dilakukan hampir ke semua mobil yang sudah menggunakan keyless, tapi ada juga beberapa mobil memiliki slot sehingga tinggal letakkan kunci di slot tersebut dan mobil bisa menyala.

Sobat KabarOto juga tidak perlu khawatir karena baterai pengganti remot mobil tidak terlalu mahal kok, saat KabarOto cek di marketplace atau pasar modern tipe standar seperti CR2025, CR2032 dan lainnya sekitar Rp 3.000 hingga 40 ribuaan saja kok, jadi sangat terjangkau.